oleh

120 Ribu Ton Jagung, Menumpuk di Gudang

Suasana pertemuan dengan para pengumpul jagung, kemarin malam (foto : salman/RG)
Suasana pertemuan dengan para pengumpul jagung, kemarin malam (foto : salman/RG)

Rusli Kumpul Para Pengumpul Jagung

RadarGorontalo.com – Direncanakan, akhir Agustus nanti, Presiden RI Joko Widodo akan kembali datang ke Gorontalo, untuk melakukan panen raya. Kedatangan Jokowi ini merupakan apresiasi yang sangat besar terhadap pemeritahan Gubernur Rusli Habibie dan Wagub Idris Rahim, dimana dimasa kepemimpinan keduanya, tercatat sudah dua kali orang nomor satu dinegara ini, datang berkunjung ke Gorontalo.

“Insya Allah, jika tidak ada kendala, akhir bulan ini beliau akan datang lagi, dan ini merupakan permintaan beliau saat kunjungan kesini beberapa waktu lalu, dimana pak presiden mengatakan bahwa beliau akan datang lagi untuk melakukan panen raya. Bahkan kemarin, saya sudah bertemu dengan pak Menteri Pertanian, untuk membicarakan pesiapan panen raya nanti,” kata Rusli disela sela pertemuan dengan para pengumpul jagung, Sabtu (13/8), di RM Miranti.

Rusli mengatakan bahwa diastikan panen raya kali ini, produksi jagung akan sangat berlimpah, dimana dalam kunjungannya kebeberapa daerah selama sepekan terakhir ini, banyak sekali jagung yang sudah siap dipanen. “Namun saya menerima laporan dari staf saya, bahwa saat ini dibeberapa gudang, ada kurang lebih 120 ribu ton stok jagung tidak bisa keluar, karena beberapa pabrik pakan diluar daerah yang biasa mengambil stok jagung di Gorontalo, belum bisa membeli.

Ketika saya telusuri penyebabnya, ternyata saat ini mereka masih punya stok gandum yang juga bisa menjadi pakan ternak. Untuk itu, saya berharap dari pertemuan ini kita bisa mencarikan solusi bagaimana agar stok ini bisa terjual, sehingga baik para petani maupun pengumpul, tidak akan merasa rugi,” ujarnya. Hadir dalam kesempatan itu juga, Direktur Pakan Kementrian Pertanian RI, Wakalpolda serta unsur forkopimda. (RG-25)


Jangan Lewatkan

Komentar