KEGIATAN bimtek di desa Suka Mana, Bogor Jawa Barat  yang diikuti Kades, BPD dan aparat desa se kabupaten Bone Bolango.
KEGIATAN bimtek di desa Suka Mana, Bogor Jawa Barat  yang diikuti Kades, BPD dan aparat desa se kabupaten Bone Bolango.

Disoroti Boroskan Anggaran, Realisasi Bimtek Harus Jelas

RadarGorontalo.com – Tidak ada alasan lagi untuk tidak membangun desa di kabupaten Bone Bolango. Anggarannya melimpah. Kepala Desa (Kades-red) dan aparatnya pun mulai diberdayakan. Peningkatan kapasitas pengetahuan pengelolaan keungan desa mulai diperkuat. Sehingga itu, pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Bone Bolango, memberangkatkan 160 Kepala Desa (Kades) bersama BPD dan aparat desa se-kabupaten Bone Bolango untuk belajar pengelolaan keuangan desa di desa Suka Mana, Bogor, Jawa Barat yang juga merupakan desa dengan pengelolaan keuangan dan BUMDes terbaik. Bahkan para Kades juga berguru ke perusahan manufaktur PT. Panasonic Gobel. Kegiatannya pun cukup lama sekitar 6 hari.

Adapun kunjungan Kades, BPD dan aparat desa itu, mulai disoroti karena dianggap memboroskan anggaran dan bertentangan dengan kebijakan pemerintah pusat dalam rangka pemangkasan anggaran yang sifatnya tidak produktif? Menanggapi hal itu, Kepala BPM Pemdes Bone Bolango, Dian Susilo mengaku bahwa kunjungan Kades se Bone Bolango dan seluruh aparat desa ini tak lain untuk Bimbingan Teknis (Bimtek) dan study lapangan tentang kewenangan desa, pelaporan dan administrasi desa. kegiatan ini pun diikuti camat dua orang.” kata Dian. Selain itu, Dian Susilo menjelaskan, bahwa Bimtek ini akan efektif karena aparat desa belajar dari pembuat regulasi di pemerintah pusat, sekaligus melihat penerapanya di desa percontohan.

Dilain pihak kata Dian, ada konsekwensi bagi Kades yang tidak mampu mengaplikasikan apa yang sudah didapatkan pada keiatan Bimtek ini. Dimana, bagi Kades yang mampu merealisasikan hasil Bimtek dan studi komparatif ini nantinya akan mendapatkan reward atau penghargaan. “kalau yang berkinerja rendah akan dilakukan pembinaan.” paparnya. Sementara itu, pada selasa (19/10) lalu, para Kades, BPD dan perangkat desa berkunjung dan belajar di desa Suka Mana, Bogor, Jawa Barat.

Dalam kunjungan itu, rombongan Kades yang dipimpin langsung Assisten I Djamaludin Wartabone disambut dengan lagu mars Bone Bolango yang dinyanyikan oleh pengurus PKK desa Suka Mana. Plt Kabid Pemdes Bone Bolango, Fanjo Tanango menjelaskan bahwa kegiatan perjalanan kepala desa dan aparat ini punya banyak tugas untuk belajar kewenangan desa, penegasan batas desa, pengelolaan aset desa dan administrasi desa sebagaimana Peraturan Kemendagri. Begitu pula halnya studi komperatif di Desa Suka Mana Kecamatan Mega mendung Kabupaten Bogor bisa dijadikan model membangun desa.

Fanjo menambahkan bahwa desa Suka Mana sebagai salah satu desa terbaik yang pengelolaan keuangan dan adminstrasi serta pengelolaan BUMDesnya sangat bagus. “desa dengan APBD desanya sekitar Rp. 1,9 miliar per tahun memiliki banyak potensinya didukung dengan kearifan lokal masyarakt yang menjunjung tingi nilai kegotong royongan, membuat desa Suka Mana semakin maju. tidak hanya itu, salah satu fakator pendukungnya adalah Sumber Daya Manusia kepala desa dan aparatnya sudah sangat memadai.” ujarnya. Selain belajar di Bogor, rombongan Kades Bone Bolango juga diboyong oleh Bupati Hamim Pou untuk berkunjung ke Pabrik Panasonic Gobel.

Kunjungan ini tentunya hasil dari komunikasi langsung Bupati Hamim kepada Rahmat Gobel sebagai Komisaris Panasonic Gobel. Pada kunjungan itu, Kades dan aparat desa melihat langsung pabrik yang memproduksi kipas angin, kulkas, mesin cuci, AC, pompa air dan alat elektronik lainnya. Bupati Bone Bolango Hamin Pou mengatakan kunjungan ini selain melihat proses perakitan dan pembuatan ragam produk elektronik, juga untuk belajar budaya kerja, Kebersihan, serta kedisiplinan. Dan Bupati Hamim mengingatkan bahwa bekal pengetahuan yang diterima seluruh kepala desa dan aparatnya pada kegiatan Bimtek ini muaranya cuma satu, yakni masyarakat sejahterea, desa tumbuh daerah maju menuju Bone Bolango cemerlang. (RG-46)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.