oleh

2.681 Personil Polisi Turun Amankan Pilkada

Simulasi pengamanan di Polda Gorontalo, kemarin.
Simulasi pengamanan di Polda Gorontalo.

 RadarGorontalo.com – Dengan melihat pengalaman, ketika mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak di tahun kemarin, yang berjalan sukses. Polda Gorontalo bersama Polres jajaran, mulai mempersiapkan ragam strategi baru, untuk mengamankan Pilkada serentak 2017 nanti. Diantaranya telah mempersiapkan sebanyak 2.681 personil gabungan, serta ratusan fasilitas seperti mobil water cannon. Persiapan yang dilakukan Polda Gorontalo bersama Polres jajaran ini, bukan hanya nampak dari rapat internal yang dipimpin Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Hengkie Kaluara Rabu (03/08).

Tapi terlihat dari aktivitas latihan pengamanan, yang dilakukan jajaran personil Polda Gorontalo dan Polres jajaran di Mapolda Gorontalo Kamis Kemarin. Kata Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP S Bagus Santoso SIK, sistem pengamannya memang seperti yang sebelumnya pernah dilaksanakan. Tapi strategi atau pola yang digunakan nanti dilapangan, itu berbeda dari tahun yang sebelumnya. Yaitu personil pengamanan pilkada ini, masing-masing harus siap siaga dalam setiap kondisi. “Kesiagaan yang nantinya akan dilakukan personi pengamanan pilkada tersebut, seperti melakukan patroli, pengamanan wilayah khusus di lingkup KPU, Panwaslu serta Bawaslu. Juga seputaran wilayah objek vital,”terang Bagus.

Sedangkan terkait latihan yang tengah dijalani pasukan Sabhara Polda Gorontalo saat ini Bagus tambahkan, yaitu penanggulangan massa atau huru hara. Yang berlangsung di lapangan Mapolda Gorontalo, dengan melibatkan 50 personil serta mobil water cannon Dit Shabara Polda. Hal ini kata Bagus, untuk meningkatkan keterampila masing-masing personil, ketika diperhadapkan dengan situasi wilayah yang genting. “Semua persiapan perlu untuk dilakukan, sehingga latihan seperti ini jauh sebelumnya telah kami persiapkan dan laksanakan untuk mensukseskan Pilkada,”tukas Bagus. (rg-62)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar