Advertisements
  • Home
  • Politik
  • Calon Perseorangan Tumbang, Siapa Berikutnya ??

Calon Perseorangan Tumbang, Siapa Berikutnya ??

Image
ilustrasi (Anwar/RG)
ilustrasi (Anwar/RG)
ilustrasi (Anwar/RG)

RadarGorontalo.com – KPU Provinsi Gorontalo resmi menyatakan pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Gorontalo melalui jalur perseorangan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Hal ini terungkap dalam rapat pleno yang digelar Senin tadi malam.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo menjelaskan, syarat dukungan yang diminta KPU berjumlah 157. 200 KTP. Namun, hingga batas waktu yang ditentukan, dukungan yang dimasukan dalam bentuk hard copy hanya 53,716 KTP. Artinya, bakal pasangan calon perseorangan tidak memenuhi syarat, dan tidak bisa melanjutkan pada persyaratan berikutnya.

Mohamad M. Tuli uga menjelaskan, syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan ini, sudah tidak bisa lagi dilanjutkan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Karena bakal pasangan perseorangan ini memasukan syarat dukungan, masih kurang dari minimal dukungan yang seharusnya dimasukan. “Syarat dukungan yang harus dimasukan itu berjumlah 157,200, yang dimasukan setelah dilakukan penelitian jumlah soft copy termasuk persebarannya sudah memenuhi syarat yaitu 166.000, namun jumlah hard copy 53,716 dan KTP hanya 37.749 , sehingganya syarat dukungannya masih kurang sekitar kurang lebih 103.000,” ujarnya sembari menambahkan, padahal pihaknya hanya melihat jumlah dukungan dan persebarannya.

Namun kata Mohamad Tuli, jika bakal pasangan calon perseorangan ini, memenuhi jumlah syarat dukungan yang dimasukan sejumlah 157.206, maka dia akan dilanjutkan dengan verifikasi administrasi dan selanjutnya akan diserahkan ke PPS untuk dilakukan penilitian faktual. “Sekarang ini sudah tidak bisa dilanjutkan, karena tidak memenuhi syarat dengan ketentuan minimal 157.206,” ungkapnya. Dijelaskannya, saat ini bakal calon perseorangan baru dinyatakan tidak memenuhi syarat, nanti pada tanggal 24 Oktober, akan dilakukan penetapan calon siapa saja bakal calon yang memenuhi syarat atau tidak untuk menjadi peserta. (rg-60)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan