oleh

2017, Serapan Anggaran Harus Lebih Maksimal

Aktifitas kegiatan yang berlangsung di DPRD Kabgor

RadarGorontalo.com – Wakil Ketua Komisi II, Amin Mootalu mengultimatum agar Pemkab Gorontalo untuk memaksimalkan serapan anggaran ke depan. “Harus dimaksimalkan serapan anggaran di tiap instansi. Karena itu merupakan salah satu tolak ukur kinerja pemerintahan, ujar Amin.

Dirinya pun meminta kepada Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, jika pimpinan SKPD tersebut tidak maksimal dalam mengelola anggaran yang diberikan agar harus diawasi dan dievaluasi. “Bisa saja. Karena kalau tidak maksimal berarti yang bersangkutan tidak bisa mengelola anggarannya,” ujarnya. In Sha Alla, 2017 serapan anggaran harus lebih maksimal, dan DPRD pun akan melakukan pengawasan, eksekutif meningkatkan kinerjanya, sehingga bisa mencapai target.

Diharapkan 2017 mendatang seluruh proyek bisa diselesaikan, makanya tak perlu menunda waktu. Begitu tender sudah tuntas, maka harus langsung dikerjakan. “Prihatin, kalau sampai anggaran tak terserap. Eksekutif harus membuat terobosan, sehingga pelaksanaan anggaran tepat waktu dan sasaran,” katanya. Amin menambahkan, anggaran pembangunan di APBD, tentu saja sudah melalui pembahasan yang matang, sehingga tak ada alasan untuk tidak menuntaskannya. Tahun lalu tidak bisa terserap sekitar 10 persen, sebagai bukti kurang maksimalnya pengambil kebijakan di instansi terkait. Karena itulah, DPRD akan melakukan pengawasan maksimal, sebagai upaya agar kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lebih maksimal. Bagaimana pun, pembangunan itu sangat diharapkan tuntas tepat waktu.

Demikian seluruh pimpinan SKPD harus mampu menjalankan tugasnya dengan baik. “DPRD akan lebih mengoptimalkan pengawasan kinerja eksekutif itu, demi memenuhi kebutuhan hajat orang banyak. “Sebagai wakil rakyat tenntu harus menjaga amanah dan kewajiban dalam melakukan pengawasan (kontroling) ke instansi mitra kerja agar lebih maksimal, tandasnya. (RG-31)

Komentar