• Home
  • Headline
  • Banyak Perda Tak Berlaku Lagi, Zudan : Segera Lakukan Legal Audit

Banyak Perda Tak Berlaku Lagi, Zudan : Segera Lakukan Legal Audit

Image
Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH. MH.

RadarGorontalo.com – Penjabat Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh menginstruksikan seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk segera melakukan legal audit atau audit hukum untuk melihat peraturan yang sudah tidak berlaku tetapi belum sempat dicabut. Dikatakan, perkembangan regulasi ataupun aturan perundangan-undangan yang begitu cepat, harus bisa diikuti oleh pemerintah daerah. Lebih lanjut dijelaskan terkait hukumnya, semua keputusan yang dibuat bila belum dicabut, itu dianggap masih tetap berlaku, dan ini akan menjadi masalah jika pemerintah daerah tidak mengupdate peraturan daerah sesuai dengan hirarki hukum nasional.

Dikatakan, untuk mendukung proses legal audit tersebut, setiap SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo harus memiliki tenaga auditor yang berlatarbelakang pendidikan hukum. “Saya ingin di masing-masing SKPD minimal ada satu orang yang mengerti hukum. Ini merupakan bagian dari creative construction atau perbaikan secara terus menerus, agar kita bisa bekerja benar, bekerja baik, dan bekerja selamat,” tegasnya.

Terkait hal itu, Sekda Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa mengatakan akan segera melakukan evaluasi terhadap jumlah maupun penempatan ASN Pemprov Gorontalo yang memiliki latar belakang pendidikan hukum. Menurut Winarni jni adalah tantangan kedepan, karera ASN alumni hukum sangat penting untuk mengawal kebijakan pemerintah daerah. (RG-25)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

ads
Image Not Found
Image Not Found
sosialisasi tahapan pilkada kpu bonebolango
Image Not Found
ads