Advertisements
abd karim aljufrie

Bone Bolango Ekspor Ikan ke Taiwan

Image
BUPATI Hamim Pou melakukan launching ekspor perdana ikan layang, kembung, deho, dan bandeng ke Negara Taiwan, kamis (23/2)
BUPATI Hamim Pou melakukan launching ekspor perdana ikan layang, kembung, deho, dan bandeng ke Negara Taiwan, kamis (23/2)

RadarGorontalo.com – Kamis (23/2), Bupati kabupaten Bone Bolango (Bola-red) Hamim Pou, resmi melaunching ekspor perdana satu container ikan ke Negara Taiwan melalui Cold Storage yang berada di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Inengo, Desa Huangobotu, kecamatan Kabila Bone. Kegiatan ekspor ikan ini merupakan hasil kerjasama Pemda Bone Bolango dengan CV. Indomina Cipta Sejahtera. “luar biasa. Baru 2 bulan lalu saya resmikan Cold Storage ini, alhamdulillah sudah bisa menghasilkan ekspor perdana ikan ke Taiwan.” kata Hamim Pou.

Jenis ikan yang diekspor adalah ikan layang, kembung, deho, dan bandeng. Bupati Hamim Pou mengaku Pemda Bone Bolango sangat mendukung sepenuhnya kegiatan investor yang berbisnis disektor perikanan dalam rangka memaksimalkan potensi kelautan dan perikanan di Bone Bolango. “secara administrasi memang Bone Bolango, tapi bicara kedepan, ini potensi Gorontalo keseluruhan.” ujarnya. Melihat potensi laut Bone Bolango yang luar biasa ini, tentu akan menggerakkan perekonomian daerah dan meningkatkan pendapatan masyarakat serta menambah hasil Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kedepan kata Hamim, pihaknya akan terus mendorong dan berusaha keberadaan Cold Storage bisa menghasilkan ikan untuk diekspor secara berkelanjutan. “kita juga akan mendorong armada kapal-kapal ikan disini harus lebih banyak lagi dan bisa menyuplai ke Cold Storage di Bone Bolango, bahkan yang ada di Provinsi Gorontalo.” paparnya. Bupati dua periode ini juga berharap kegiatan ekspor ini bisa meningkatkan pendapatan rakyat, terutama nelayan. “harapan kami, para pengusaha ikan terus berkembang dan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat nelayan yang ada di wilayah Bone Pesisir.” ungkap Hamim. Memang kerjasama Pemda Bone Bolango dengan investor CV. Indomina Cipta Sejahtera tidak hanya mengekspor ikan layang, kembung, deho, dan bandeng ke Taiwan.

Namun beberapa hari kedepan, hasil kerjasama ini akan melakukan ekspor perdana ikan nike (Duwo) ke Prancis, Kanada, dan Singapura. “insya Allah ekspor ikan nike ini tidak akan mengurangi kebutuhan nike di Gorontalo. Tujuannya meningkatkan pendapatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, karena keuntungan sangat luar biasa dari kegiatan ekspor ini.” ujar Hamim. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bone Bolango, Syaiful Umar, menjelaskan bahwa pelaksanaan ekspor perdana ikan ke Negara Taiwan ini untuk menunjukan kepada masyarakat dan pengusaha, kalau ingin mengekspor ikan atau mau jadi pengusaha ikan yang sukses di Provinsi Gorontalo, maka datanglah ke Bone Bolango. “kami dari Pemda Bone Bolango siap memfasilitasi kerjasama yang saling menguntungkan.” tuturnya.

Sementara itu, Direktur CV. Indomina Cipta Sejahtera, Sucipto Widodo berharap kerjasama yang digagas oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou yang didukung Kepala DKP Bone Bolango Syaiful Umar, bisa mengantarkan semua pihak dalam mengembangkan dan memberdayakan aset-aset daerah. “kami sebagai pelaku usaha di sektor perikanan Bone Bolango tentu sangat menyambut baik atas kerjasama ini.” tambahnya. Sucipto juga mengapresiasi kesiapan Bupati Hamim Pou untuk mensuport investor di sektor perikanan yang akan berinvestasi di Bone Bolango. Bahkan akan diberikan fasilitas dalam rangka pengembangan sumber daya kelauatan dan perikanan untuk memajukan perekonomian rakyat di Bone Bolango. (RG-46)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan