Advertisements
Hari Ini
    • Home
    • Headline
    • Distribusi Surat Suara, KPU Kesulitan Jangkau Pelosok

    Distribusi Surat Suara, KPU Kesulitan Jangkau Pelosok

    Image
    Distribusi surat suara ke kecamatan Pinogu
    Jasa tukang pikul saat membawa surat suara menuju kecamatan Pinogu

    RadarGorontalo.com – Dalam pendistribusian surat suara, ada beberapa kecamatan yang membutuhkan waktu lama untuk mencapai daerah tersebut. Sepertihalnya kecamatan Pinogu yang ada di Kabupaten Bone Bolango. Begitu juga dengan beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara, ada Kecamatan Tolinggula, Kecamatan Tolumelito, Kecamatan Biau. Sementara untuk Kabupaten Pohuwato, ada Kecamatan Wonggarasi dan Kecamatan Popayato.

    Komisionar KPU Provinsi Gorontalo Verrianto Madjowa, yang juga ikut meninjau proses distribusi surat suara di Kecamatan Pinogu, menjelaskan kesulitan yang dialami KPU saat mendistribusikan surat suara adalah cuaca yang kurang bersahabat dan jarak tempuh yang sangat jauh.

    Di Kecamatan Pinogu sendiri, jarak tempuh untuk sampai ke kecamatan tersebut paling cepat 8 jam dengan berjalan kaki itupun jika tidak hujan. Dengan menggunakan jasa kijang ataupun jasa pikul, KPU berani membayar per orang 500 ribu untuk mengantar surat suara. “Kondisi jalan sangat memiriskan, dan butuh waktu lama untuk sampai di kecamatan itu. Sehingga KPU menghargai jasa orang yang mengatar surat suara sebanyak 500 ribu per orang, jika hujan akan dibayar 600 ribu,” ujarnya.

    Dijelaskannya, sementara untuk beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara, diguyur hujan. Akibatnya, pendistribusian surat suara mengalami kendala, seperti di Kecamatan Sumalata Timur, Tolinggula dan Biau. “Di daerah tersebut hujan deras dan rawan longsor, sehingga menunggu cuaca kembali normal untuk melanjutkan distribusi surat suara,” ketunya.

    Begitu juga kecamatan yang harus melintasi laut, karena kondisi laut masih berombak, maka distribusi surat suara terpaksa menggunakan jasa pikul. Itu terjadi di Kecamatan Tolumelito Kabupaten Gorontalo Utara. Untuk Kabupaten Pohuwato, ada dua kecamtan yang sulit diakses seperti Kecamtan Wonggarasi dan Kecamatan Popayato. (rg-60)

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Tinggalkan Balasan