Advertisements

Jalan Pinogu, Kian Memprihatinkan

Image
Akses jalan dari dan menuju ke Pinogu
Akses jalan dari dan menuju ke Pinogu

RadarGorontalo.com – Keberadaan saudara-saudara kita yang bermukim di kecamatan Pinogu, kabupaten Bone Bolango, sudah lama ada, bahkan sejak provinsi Gorontalo belum terbentuk. Namun sayang, hingga 16 tahun provinsi Gorontalo berdiri, dan 10 tahun lebih kabupaten Bonbol dimekarkan dari Kabupaten Gorontalo, aspirasi masyarakat yang ada di 5 desa di kecamatan tersebut, terkait kebutuhan akan akses jalan, minimal dalam bentuk rabat beton, belum juga terealisasi hingga di bulan kedua tahun 2017 ini.

Tak heran, kondisi jalan yang dari dan menuju ke Pinogu, hingga akhir pekan kemarin, kian memprihatinkan. Terlebih bila dalam musim penghujan, seperti saat ini. Disejumlah ruas jalan setapak yang dirintis warga sejak lama itu, tidak beda seperti kubangan lumpur. Dimana, disejumlah ruas jalan yang dilalui, membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam, hanya untuk melintasi setiap sisi kubangan lumpur tersebut. “Olehnya, untuk kesekian kalinya, kami mengharapkan kepedulian pemerintah, baik dari provinsi maupun kabupaten Bone Bolango, untuk mengupayakan akses jalan, minimal dalam bentuk rabat beton, untuk membantu aktivitas hidup keseharian kami, dari dan menuju ke ibukota kabupaten, maupun ke Pinogu,” ucap sejumlah masyarakat Pinogu, kemarin. “Karena, sudah lama, aspirasi seperti ini, kami sampaikan. Namun, entah sampai kapan, akan terealisasi,” keluh mereka, lirih.

Dalam masa reses Deprov Gorontalo di dapil II Bonbol, akhir tahun 2016 lalu, aspirasi seperti itu, tidak hanya disuarakan oleh masyarakat Pinogu, namun juga dari Bupati Hamim Pou dan jajarannya. Dalam artian, ada sharing anggaran, untuk mengupayakan akses jalan memadai ke Pinogu tersebut. Olehnya, para aleg Deprov dari dapil II Bonbol ini, mengaku akan terus memperjuangkan anggaran untuk akses jalan ke Pinogu tersebut. Salah satunya, kembali akan dirintis, setelah dilakukan revisi RTRW provinsi Gorontalo, yang direncanakan pada tahun 2017 ini juga. (ay1/rg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan