Advertisements

Stok Pangan Cukup, Air Bersih Siap Didistribusi

Image
Illustrasi Pangan , Sumber titiknol.co.id

RGOL.ID – Gorontalo, Meski berdampak pada ancaman gagal panen pertanian, namun Pemerintah Provinsi Gorontalo memastikan bahwa stok pangan khususnya beras, masih sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak kekeringan.

Sekdaprov Darda Daraba, mengungkapkan bahwa saat ini masih ada sekitar 200 ribu ton cadangan beras yang siap di distribusikan. “Tidak perlu panik karena stok pangan khususnya beras masih sangat banyak, bahkan menurut laporan dari Bulog tadi bahwa stok masih mencukupi hingga tahun depan,” kata Sekda, usai memimpin rapat koordinasi terkait darurat kekeringan dan pangan, kemarin.

Sekda juga meminta agar seluruh stake holder baik provinsi maupun kabupaten, kota harus segera mengantisipasi kebutuhan masyarkat, termasuk kekurang air bersih.

Sementara itu, Kepala BMKG Gorontalo, Nurhuda, menjelaskan bahwa prediksi dari BMKG, untuk wilayah Gorontalo, pada Oktober minggu ketiga, sudah memasuki musim penghujan. “Meskipun memasuki musim penghujan itu belum tentu setiap hari hujan,” katanya.

Terkait kebakaran hutan dan lahan, Nurhuda mengatakan bahwa selama dua bulan terakhir banyak titik hotspot di Gorut, Bonbol dan Kabgor. Dari data sementara yang terhimpun di BPBD bahwa jumlah korban dampak kekeringan sebanyak 32.624 jiwa tersebar di 16 kecamatan di tiga kabupaten, yakni Kabgor, Bone Bolango dan Boalemo.

Warga di daerah tersebut kesulitan mengakses air bersih. Ada juga laporan kebakaran lahan dan rumah yang sudah mencapai 105 kejadian. (RG-25)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan