Advertisements
abd karim aljufrie

Rumah Singgah Desa Diwacanakan

Image

RGOL. ID.GORONTALO – Setiap desa agar diharapkan menyiapkan rumah singgah bagi mereka yang terindikasi terkena wabah covid-19.

Rumah singgah yang nanti bakal menjadi terapan SOP pemerintah itu merupakan bagian dari penerapan PSBD atau pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Desa oleh pemerintah.

PSBD sendiri bakal menjadi program yang diinisiatifkan pemerintah melalui bupati Nelson Pomalingo menyusul upaya gugus tugas pemerintah dalam memerangi wabah covid19.

Menyusul pula ide brilian Bupati Nelson ini pasca
tak direkomendasikannya Gorontalo dalam menerapkan PSBB pembatasan sosial berskala besar.

” Ya, setiap desa harus ada rumah singgah. Rumah singgah ini merupakan tempat penampungan atau karantina sementara, jika ada masyarakat yang teridentifikasi baru tiba dari luar daerah atau harus diisolasi mandiri oleh petugas medis. Mereka ditempatkan di Rumah singgah itu, ” ujar Bupati.

Rumah singgah nantinya akan memilih bangunan bangunan kosong atau tak digunakan. Dan seperti untuk kondisi sekarang, bangunan atau gedung sekolah memungkinkan untuk menjadi rumah singgah atau tempat karantina mandiri warga yang terpapar atau yang baru masuk.

Dengan begini maka pemerintah, baik kabupaten, kecamatan hingga desa bisa fokus menangani penyebaran virus untuk kita mininalisir semaksimal mungkin pandemi covid ini, tutup Bupati. (Qn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan