Tidak Mudah Menciptakan Tokoh Nasional

Image
Nelson Pomalingo

GORONTALO (RGOL.ID) – Sangat sulit menciptakan seorang tokoh nasional dan itu memerlukan waktu sangat panjang. “sekarang Gorontalo punya 5 tokoh nasional, salah satunya Rachmat Gobel,” begitu kata Profesor Nelson Pomalingo.

Menurut dia, Gorontalo harus menciptakan tokoh nasional lebih banyak lagi. Tak boleh putus, harus terus berkesinambungan, baik itu tokoh nasional di pemerintahan, pengusaha, maupun di bidang teknologi.

Sementara seorang Rachmat Gobel adalah pengusaha nasional yang go international, pernah jadi Menteri dan sekarang jadi Wakil Ketua DPR RI. Sekali lagi kata Nelson, sulit menciptakan tokoh nasional.

Sementara untuk Pilgub, semua orang punya hak untuk mencalonkan dan dicalonkan, karena itu hak konstitusi. Jadi kalau Rachmat Gobel mau maju di Pilgub, jangan dihalangi. “sekali lagi itu hak semua orang, termasuk saya dan yang lainnya,” kata Nelson Pomalingo.

Namun kata dia lagi, untuk maju di Pilkada harus punya partai dan perlu  koalisi. Bagi Nelson, semakin banyak calon akan semakin bagus. Kembali pada tokoh nasional, menurut mantan Rektor UNG dan UMG ini, tokoh nasional itu ada dua, pertama pengaruh individu yang kuat dan yang kedua karena dukungan rakyat.

Misalnya para Aleg DPR RI maupun DPD RI, mereka ini tokoh-tokoh nasional yang di dukung rakyat, maka mereka harus memberikan perhatian penuh pada daerah.

Demikian pula dengan para Menteri, karena mereka harus mengurusi seluruh Indonesia, maka bisa memberikan perhatian 5 atau 10 persen saja untuk daerahnya sudah sangat  bagus.

Nelson kemudian mengingatkan ke depan untuk memilih Aleg DPR RI maupun DPD RI harus lihat trak rekornya, juga lihat apa kontribusinya untuk daerah. (awal-46)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

ads
Image Not Found
Image Not Found
sosialisasi tahapan pilkada kpu bonebolango
Image Not Found
ads