• Home
  • Kampus
  • Wakil Rektor II UMGO Sampaikan Kultum, Kaidah Fiqih Dalam Menangkap Pesan Dalam Al Qur’an

Wakil Rektor II UMGO Sampaikan Kultum, Kaidah Fiqih Dalam Menangkap Pesan Dalam Al Qur’an

Image

RGOL.ID – Pengurus masjid kampus Yusup Polapa Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) sudah menjadwalkan pemberi tausiah untuk kultum setiap selesai sholat Dhuhur berjamaah selama bulan suci Ramadhan, dimana diluar bulan suci Ramadhan dilaksanakan sebelum sholat dhuhur.

Wakil Rektor II Dr. Salahudin Pakaya menyampaikan kultum di Masjid Kampus Yusup Polapa (14/4/2022) dengan tema kaidah Fiqih dalam rangka menangkap pesan -pesan dalam Al qur’an, karena Al qur’an adalah norma – norma yang tidak ada lagi perdebatan dalam hukum Islam yang disebut syariat yang sudah menjadi ketetapan Allah, termasuk matahari terbit dari timur dan terbenang di barat,” tegasnya.

Laki – laki dan perempuan adalah syariat, tidak boleh perempuan jadi laki – laki dan sebaliknya. Kita sering keliru memahami kata syariat, hanya berkaitan tentang Islam, padahal syariat adalah kehidupan yang ditetapkan Allah secara alamiah.

Namun dalam syariat ada yang disebut ayat – ayat Qauliyah dan ayat Qauniyah. Qauliyah adalah ayat – ayat dalam Al qur’an dan ayat Qauniyah bersumber membaca dari alam semesta ini.

Dalam memahami Al qur’an ada satu kaidah yang disebut suatu pesan dalam satu norma – norma Al qur’an dia harus dilihat umumnya batas tidak boleh dibatasi oleh suatu sebab.

Dalam surah Al lahab yang menjelaskan karakter abu lahab, asbabun nuzulnya surah ini karena menjelaskan karakter Abu Lahab.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

ads
Image Not Found
Image Not Found
sosialisasi tahapan pilkada kpu bonebolango
Image Not Found
ads