Advertisements
  • Home
  • Kampus
  • S2 Akuntansi UG, Pertama dan Satu-satunya di Provinsi Gorontalo

S2 Akuntansi UG, Pertama dan Satu-satunya di Provinsi Gorontalo

Image
Surat Keputusan (SK) atas diterbitkannya izin operasional pembukaan program studi (Prodi) Magister Akuntansi Universitas Gorontalo (UG).

KAMPUS (RG) – Jum’at 16 September tahun 2022 telah menjadi hari bersejarah bagi Universitas Gorontalo (UG). Setelah berjuang kurang lebih 4 tahun (sejak 2019), Program Studi (Prodi) Magister Akuntansi UG akhirnya disetujui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi. Persetujuan ini telah sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 669/E/0/2022 tentang Izin Pembukaan Prodi Akuntansi Program Magister pada Universitas Gorontalo di Kabupaten Gorontalo yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Duluwo Limo lo Pohala’a (YPDLP) Gorontalo.

Saat dikonfirmasi, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Julie Abdullah nampak sangat bahagia atas diterbitkannya izin ini. Dirinya begitu bersyukur atas pembukaan Prodi Magister Akuntansi. “Terimakasih buat dewan pembina, yayasan, rektor, civitas khususnya Fakultas Ekonomi. Pencapaian ini tidak mudah, saya menyusun itu bersama tim dari tahun 2019 dengan berbagai perjuangan, kendala dan Alhamdulillah, hari ini izinnya bisa keluar. Jum’at berkah, ini hari bersejarah bagi UG,” ungkap Julie.

Bukan hanya itu, lanjut Julie, dengan dibukanya program Magister Akuntansi, UG menjadi satu-satunya kampus di provinsi Gorontalo yang memiliki bidang keilmuan ini. “Di Gorontalo dan di wilayah sekitar Gorontalo belum ada yang membuka prodi magister Akuntansi, terkecuali Manado, selebihnya tidak ada. Jadi bukan hanya masyarakat Gorontalo, tapi sekitaran Gorontalo, ayo sama-sama membangun dunia pendidikan,” terangnya.

Untuk mahasiswa baru (Maba), kata Julie, pihaknya sudah mulai menerima. Sebab UG tinggal menunggu SK ini diserahkan langsung ke rektor untuk kemudian secara formal dilakukan di UG. “Penerimaan maba sudah bisa, karena secara resmi SK nya sudah diterima, tinggal secara formal dilakukan di UG,” tukasnya.

Julie bersama tim dalam waktu dekat akan kembali berbenah untuk proses administrasi, melanjutkan perjuangan untuk lebih berkembangnya output atau sumber daya manusia (SDM) yang keluar dari Universitas Gorontalo. “Maba kita inginkan sesuai dengan rasio yang kita punya, supaya kita bisa berbenah dari awal, administrasinya lebih baik lagi, sehingga bisa mencapai prodi yang lebih unggul ke depan,” jelasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Moh. Affan Suyanto menjelaskan, bahwa SK operasional ini telah menjadi langkah maju yang diperoleh UG, khususnya Fakultas Ekonomi. Dan ini juga, kata Affan, menyikapi permintaan banyak stakeholder yang menginginkan strata pendidikan S2 untuk Akuntansi.

“Ini menjadi kebutuhan, karena sebagian besar para alumni itu butuh kenaikan strata mereka, khususnya yang akuntansi. Jadi ini keberkahan tersendiri bagi UG dan fakultas ekonomi yang mudah-mudahan dengan lahirnya prodi S2 Akuntansi, akan lebih menjadikan UG dilirik dan diminati oleh masyarakat Gorontalo dan Indonesia,” ucap Affan.

“Target kami untuk jangka pendek, yaitu mensosialisasikan pembukaan prodi ini di seluruh media. Dan sosialisasi juga kami akan lakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk keberadaan prodi akuntansi, karena ini adalah prodi baru dan satu-satunya di Gorontalo,” pungkasnya. (rg-63)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan