Advertisements
Hari Ini

    45 Anggota PPK Kota Gorontalo Dilantik Memakai Pakaian Adat Gorontalo

    Image

    RGOL.ID, GORONTALO – Ketua KPU Kota Gorontalo, Sukrin Saleh Taib secara resmi melantik 45 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Gorontalo, di Ballroom, Citymall Hotel, Kota Gorontalo, Rabu (4/1/2023).

    Hadir pada pelantikan ini, Walikota Gorontalo, Marten Taha, Komisioner KPU Provinsi Gorontalo, Sofyan Rahmola dan Selvi Katili, Bawaslu Kota Gorontalo, dan unsur terkait lainnya.

    Ada hal menarik dari pelantikan ini, karena semua anggota PPK memakai pakaian adat Gorontalo. Ketua KPU Kota Gorontalo, Sukrin Saleh Taib mengaku pemilihan pakaian adat bagi anggota PPK saat dilantik tidak lain sebagai wujud menjaga dan menerapkan local wisdom atau kearifan lokal.

    Sebagai daerah adat, maka sudah sepatutnya untuk menjunjung tinggi prinsip-prinsip adat, khususnya prinsip adat bersendikan syara, syara bersendikan kitabullah.

    “ini tidak boleh dipandang hanya sekedar prinsip, tetapi harus bisa dijaga dan diimplementasikan dalam tugas-tugas sebagai penyelenggara pemilu, sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan sukses,” ujarnya.

    Sukrin menambahkan, sebagai penyelenggara Pemilu, maka ruh yang ditanamkan dalam diri adalah integritas.

    Dan untuk menjaga serta memperkuat integritas ini, maka menurut Sukrin, tentunya ada dua hal yang dibutuhkan, pertama Intelektual Capacity yakni memahami, membaca dan menjalankan regulasi.

    Sedangkan yang kedua adalah Moral Capacity yakni menjaga moralitas dalam melaksanakan tugas, sehingga setiap kegiatan selalu sukses.

    Selain itu, Sukrin juga mengingatkan kepada anggota PPK agar tidak hanya melakukan kegiatan rutinitas seperti rapat pleno dan lainnya, tetapi bagaimana anggota PPK membangun komunikasi dan koordinasi dengan pihak luar, baik dengan pemerintah kecamatan maupun pihak terkait lainnya dalam rangka menjaga kualitas demokrasi.

    “PPK juga harus menjaga kedekatan dan komunikasi dengan semua partai politik, namun tetap menjaga netralitas sebagai penyelenggara Pemilu,” tambahnya.

    Terakhir, Sukrin mengingatkan kepada penyelenggara Pemilu untuk meningkatkan kekompakan dan kerjasama antar anggota PPK serta bekerja dengan baik dan selalu mengedepankan regulasi atau peraturan perundang-undangan yang ada.

    “selamat bekerja, insyaAllah tugas-tugas yang diemban anggota PPP selalu sukses dalam mewujudkan kualitas demokrasi dan suksesnya Pemilu 2024,” tutur Sukrin Saleh Taib. (LaAwal-46)

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Tinggalkan Balasan