Advertisements
  • Home
  • Kampus
  • Danrem 133 Nani Wartabone Beri Penguatan Bela Negara di UG

Danrem 133 Nani Wartabone Beri Penguatan Bela Negara di UG

Image

RGOL.ID – Guna memperkuat pemahaman terkait Bela Negara, civitas akademika Universitas Gorontalo (UG) mengundang Danrem 133 Nani Wartabone, Brigjen TNI Amrin Ibrahim, S.IP sebagai pemateri kuliah umum bagi para Pimpinan, Dosen dan Mahasiswa. Kegiatan ini digelar Jum’at kemarin, di gedung Auditorium UG.

Dalam paparannya, Amrin Ibrahim menerangkan, bahwa kehendak untuk hidup bersatu di tanah air Indonesia sebagai satu bangsa merupakan keharusan yang harus dijalankan. “Lahir dari persamaan perasaan kebangsaan Indonesia dan kehendak untuk hidup bersatu di tanah air Indonesia. Sebagai satu bangsa, kita harus bersama-sama berjuang untuk mencapai cita-cita kebangsaan,” terang Amrin.

Lanjut Amrin menjelaskan, dimana konsep bela negara dalam perspektif kebhinekaan yaitu tidak hanya lahir berdasarkan atas persamaan kelahiran, kesukuan asal-usul kedaerahan, ras atapun keagamaan, akan tetapi semangat patriotisme harus dijunjung tinggi setiap warga negara.

“Jadi, sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundang-undangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang maupun suatu kelompok ataupun seluruh komponen dari suatu negara tidak lain tujuannya untuk kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut,” jelas Amrin.

Terakhir Amrin menegaskan sekaligus mengajak Civitas Akademika Universitas Gorontalo, khususnya para mahasiswa, untuk wajib ikut serta dalam upaya bela negara.

“Jadi, pada kesempatan kali ini, saya mengajak kepada para mahasiswa Universitas Gorontalo untuk selalu ikut serta dalam upaya bela negara.

Dimana harus saling menghargai dan menghormati antara satu dengan yang lain, memupuk semangat cinta tanah air, tidak melupakan jasa para pahlawan dan selalu memperingati peristiwa penting, serta belajar dengan tekun dengan terus mengamalkan nilai-nilai pancasila,” tandasnya.

Perlu diketahui, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan DLP Gorontalo, Dr. Moh. Rolly Paramata, SE.,MM, Rektor Universitas Gorontalo, Dr. Sofyan Abdullah, SP.,MP, Wakil Rektor II UG, Dr. Drs. Ec. H. Ilyas Lamuda, MM, Wakil Rektor III UG, Dr. Drs. Dikson Junus, MPA dan para Dekan Fakultas di lingkungan Universitas Gorontalo. (rg-63)

LENSA KEGIATAN : RANGKAIAN kegiatan Kuliah Umum Universitas Gorontalo (UG) oleh Danrem 133 Nani Wartabone, Brigjen TNI Amrin Ibrahim, S.IP.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan