ads
Image Not Found
ads

Diseminasi Hasil Program MBKM Riset Prodi Akuakultur

Image

RGOL.ID – Program studi Akuakultur, Fakultas Sains dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Gorontalo mengadakan program Diseminasi Hasil Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) Penelitian/Riset melalui daring yakni via Zoom meeting.

Salah satu mahasiswa prodi akuakultur atas nama Ahmad Ainul N., yang sudah menjalankan program MBKM Riset prodi akuakultur membagikan pengalamannya di depan para dosen, pihak internal kampus dan eksternal dan mahasiswa prodi akuakultur maupun jurusan pertanian.

Ia mempresentasikan kegiatan yang dijalankan selama satu bulan yang didapat tepatnya Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Gorontalo. Presentasi dengan judul “Prevalensi Viral Nervous Necrosis (VNN) Pada Ikan Kerapu Ekor Bulan (Variola sp.) di Perairan Gorontalo” diisi juga dengan tanya jawab oleh dosen pengampu guna menentukan nilai konversi dari rekognisi kegiatan yang dilaksanakan juga pertanyaan dari pihak lainnnya.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I, Prof. Moon Hidayati Otoluwa mengatakan diseminasi hasil program MBKM Riset ini merupakan hal yang pertama dilakukan di UMGO.

“Maka saya hadir disini untuk melihat secara langsung bagaimana diseminasi di aquakultur maka dan saya mengucapkan terimakasih atas kerjasma pihak luar dengan prodi akuakultt. Dimana dengan kehadiran Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mahasiswa kami tidak akan merasa jauh dari pusat tetap bisa berkoloboeasi dan mendapatkan ilmu dari pihak luar,” jelasnya.

Lanjut Prof Moon, ia merasa bangga karena mahasiswanya diajak kerjasama dan dilatih bagaimana melakukan penelitian, magang dan sebagainya di luar kampus dimana itu sangat strategis karena bisa membina mahasiswanya .

Ia berharap, kedepan akan semakin banyak mahaiswa yang terlibat dalam kegiatan penelitian atau riset di instansi-instansi baik yang ada di Gorontalo hingga luar Gorontalo.

“Program MBKM memberikan kesempatan untuk meningkatkan softs skill dan kompotensi bagi mahaiswa,” ucapnya.

Terakhir, Kaprodi Akuakultur, Dr. Dewi Shinta Achmad, S.Pi, dengan adanya program tersebut meningkatkan kompotensi mahasiswa lebih awal dalam mengenali dunia kerja yang ingin mereka tekuni kedepannya.

“Mereka akan akrab dengan dunia industri selain itu dapat memberikan manfaat yang nyata pada mahasiswa karena bisa memberikan pengalaman sesuai kompotensi keilmuannya,” tutupnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh, Wakil Rektor I, Prof. Moon Hidayati Otoluwa,
Dosen Pembimbing I, Dr. Dewi Shinta Achmad, S.Pi, M.Si., selaku kaprodi Akuakultur, Dosen Pembimbing II, Nurqadri Syaia Bakti, S.Pi, M.Agr. Sc., Dosen Penguji , Indri Afriani Yasin, S.Pi,M.Agr, Ph.D., Penguji Eksternal (BRIN) : Early Septiningsih, S.Pi, M.Si., Ketua LPPPM, Tim Penyusun Panduan MBKM Universitas, Dekan FSIK, Kaprodi, Dosen FSIK, juga mahasisw Pertanian, Lembaga mitra dan Instansi terkait, Perwakilan Nelayan/Pengusaha Ikan.(hms)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan