Advertisements
Hari Ini

    Porsi Haji Gorontalo 2023, 981 Orang

    Image
    Kegiatan RDP di jajaran Komisi IV Deprov, dengan mitra kerja-nya dari Kanwil Kemenag provinsi Gorontalo, Senin (24/1) kemarin. Terkait bakal penyelenggara ibadah haji 2023 mendatang. (foto: hengki/humas)

    RGOL.ID – Pandemi Covid-19 yang mulai melandai, turut berdampak pada penyelenggaraan musim haji. Dimana, pada tahun 2023 ini, Indonesia mendapatkan kepercayaan dari pemerintah Arab Saudi, dengan memberikan kuota atau porsi haji terbanyak dari negara-negara lain di dunia.

    Yakni sebanyak 221 ribu orang. Dan untuk porsi haji bagi masyarakat khususnya di provinsi Gorontalo, sudah pula terakomodir, yakni, untuk 981 orang.

    “Porsi haji Gorontalo di tahun 2023 ini, sudah kita konfirmasi ke pihak Kanwil Kemenag provinsi Gorontalo, sebanyak 981 orang.

    Yang artinya, mengalami kenaikan dari tahun 2022 sebelumnya, yang hanya diberikan porsi 446 orang, akibat masih dalam kondisi Covid-19 saat itu,” ujar Sekertaris Komisi IV Deprov, Espin Tulie, seusai jajaran komisi-nya menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan mitra kerja-nya dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) provinsi Gorontalo, menyangkut urusah Haji 2023, Senin (24/1).

    PRIORITAS LANSIA 2022

    Ditanya, bagaimana dengan pencabutan aturan larangan para Lanjut Usia (Lansia) diatas 65 tahun oleh pemerintah Arab Saudi? Espin mengaku pihaknya turut memberi apresiasi. “Yang artinya, penyelenggaraan haji tidak lagi dibatasi dengan usia.

    Olehnya, bagi mereka para Lansia yang batal diberangkatkan pada musim haji 2022 lalu, karena sudah berumur diatas 65 tahun, diakibatkan aturan dari pemerintah Arab Saudi saat itu. Maka, kami (Komisi IV) harapkan untuk menjadi prioritas diberangkatkan pada musim haji 2023 ini.” harap Espin Tulie. (ayi)

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Tinggalkan Balasan