Advertisements

Gubernur Tak Mungkin Didroping Dari Pusat

Image

RGOL.ID GORONTALO – Gagasan untuk merubah sistem pemilihan Gubernur sebenarnya bukan hal baru karena sudah sejak lama ada keinginan seperti itu.

Jadi usulan Bambang Soesatio itu sebenarnya sudah basi,lagi pula itu tak cocok, bagaimana mungkin DPR dipilih rakyat sementara Gubernurnya hanya ditunjuk dari pusat maka sudah pasti akan jadi bulan bulanan.

Betapa tidak, Gubernur yang dipilih rakyat saja kadang bentrok dengan DPRD apalagi hanya Gubernur droping, Ini belum lagi menghadapi Bupati dan Walikota,mungkin yang masih memungkinkan adalah di pilih DPR.

Rakyat sudah sakit telinga karena terlalu banyak wacana sekarang ini, mulai dari wacana Presiden 3 priode, Pemilu proporsional tertutup, kenaikan biaya Haji dan Gubernur dipilih langsung.

Lalu apa tanggapan Ketua DPD I Golkar Gorontalo Rusli Habibie soal itu, mantan Gubernur Gorontalo ini tertawa kecil.

“Tidak mungkin itu,” katanya singkat.

Secara terpisah Ketua PKS Gorontalo Adnan Entengo soal itu, dihubungi tadi malam Aleg Deprov itu mengatakan bahwa proses demokrasi pemilihan Gubernur sudah berlangsung sejak momentum semangat reformasi.

Karena itu kalau sistem pemilihan diubah lagi, ini sama saja dengan menghilangkan kekuatan rakyat.

Untuk itu Adnan mengatakan kalau Gubernur hanya dipilih oleh pemerintah pusat maka tidak ada rasa dan ikatan loyalitas Rakyat kepada pemimpinnya.

Jadi biarlah pemilihan Gubrrnur berlangsung seperti selama ini, kalau ada yang kurang dengan sitem pemilihan langsung ini tinggal disempurnakan saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan