ads
Image Not Found
ads
  • Home
  • rgol.id
  • Penyandang Disabilitas Mempunyai Hak Suara Yang Sama

Penyandang Disabilitas Mempunyai Hak Suara Yang Sama

Image

RGOL.ID GORONTALO – Darmawan Duming merupakan salah satu sosok penting dalam lahirnya Ranperda Disabilitas di Kota Gorontalo, sebab H Daru ingin memperjuangkan hak kesetaraan dan keadilan kepada masyarakat disabilitas yang selama ini belum mendapatkan hak haknya.

Apa lagi dengan Pemilu yang sudah tidak lama lagi, dimana seluruh masyarakat Indonesia mempunyai hak suara yang sama tanpa harus dibedakan.

Namun penyandang disabilitas yang ada di Kota Gorontalo ternyata belum memiliki hak suara untuk memilih dan ini merupakan diskriminasi terhadap mereka.

Sehingga Wakil Ketua Komisi A menyampaikan dengan adanya Ranperda penyetaraan dan Pemenuhan hak Disabilitas yang sedang dibahas DPRD Kota Gorontalo melalui Pansus l akan mengakomodir itu semua.

“Pada rapat tadi penggiat Disabilitas mengungkapkan bahwa selama ini penyandang disabilitas belum mempunyai hak pilih untuk menetapkan pimpinan pilihan mereka, karena mereka tidak terdaftar di dalam DPT”, Ujarnya

Kemudian Politisi PDI-P (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) ini juga menyampaikan Ranperda ini juga akan memaksimalkan pelayanan kepada penyandang disabilitas ketika pemilu nanti.

“Ketika Pemilu tidak mungkin mereka akan datang ke TPS sendiri, mesti ada orang orang KPU atau orang KPPS yang mendatangi untuk memberikan fasilitas karena mereka ini punya hak untuk dipilih dan memilih”, Ujarnya

Sehingga Aleg Siputeng ini menyampaikan dengan adanya Ranperda ini bisa meminimalisir ataupun akan bisa memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan hak daripada disabilitas itu sendiri.

“baik itu dalam hal politik, dalam mendapatkan pekerjaan, kesehatan, pendidikan dan lain sebagai supaya mereka punya hak yang sama di mata kita semua”, Pungkasnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan