Advertisements

Tekad Dr Yulianti Majukan Faperta UG

Image
Dr. Yulianti, S.Pi, M.Si

RGOL.ID – Fakultas Pertanian (Faperta) merupakan satu dari 7 fakultas di lingkungan Universitas Gorontalo (UG) yang terus mendorong kemajuan dari segala sisi, baik kelembagaan, akademik maupun kemahasiswaan.

Di bawah kepemimpinan Dr. Yulianti Adipu, S.Pi, M.Si sebagai dekan yang baru, Faperta UG bertekad menjadi yang terbaik di bidangnya.

Sebagaimana visi yang diusung dalam empat tahun ke depan, menjadi Fakultas Pertanian berbasis riset, berwawasan lingkungan serta berkelanjutan yang unggul di bidang pertanian di kawasan timur Indonesia tahun 2027.

Untuk menunjang visi tersebut, Dr. Yulianti telah menyiapkan beberapa misi.

Yang pertama, menyiapkan mahasiswa yang berwawasan luas, berkarakter enterpreneur dan kepemimpinan di bidang pertanian.

“Ini tentu disiapkan lewat proses perkuliahan, termasuk organisasi kemahasiswaan, seperti BEM dan senat mahasiswa atau himpunan mahasiswa jurusan,” ujar Dr. Yulianti.

Kedua, menyelenggarakan riset yang inovatif dan kreatif di bidang pertanian berbasis sumber daya lokal serta kaji tindak teknologi tepat guna untuk dimanfaatkan masyarakat.

“Jadi, teman-teman dosen kita dorong untuk senantiasa meningkatkan dan mengembangkan riset mereka. Nantinya, riset itu muaranya diwujudkan dalam bentuk pengabdian masyarakat. Bahkan, kalau perlu dilakukan kolaborasi dengan mahasiswa,” jelasnya.

Ketiga, meningkatkan kemitraan dengan stakeholder.

“Tentu kita juga tidak bisa berdiri sendiri. Makanya, butuh mitra yang baik, boleh dengan sesama perguruan tinggi, maupun menggandeng pemerintah. Sehingga apa yang nantinya dihasilkan akan dengan cepat tersosialisasi di masyarakat,” tuturnya.

Keempat, melakukan transparansi dan akuntabilitas tata kelola dalam suasana kekeluargaan serta ketulusan dalam pengabdian.

“Nah, ini penting. Jadi, selain kita mendorong peningkatan mutu fakultas ke luar, kita juga harus terlebih dahulu memperkuat hubungan silaturrahim ke dalam. Artinya, komunikasi dan koordinasi selalu dikedepankan, sehingga membuat lingkungan kerja terasa sejuk,” paparnya.

Kelima atau terakhir, meningkatkan minat generasi muda terhadap perguruan tinggi dalam rangka peningkatan jumlah mahasiswa di Fakultas Pertanian.

“Dalam hal ini, kita tentu bekerja sama dengan UPT PMB yang memang masih baru. Sehingga kita akan perkuat lewat sosialisasi,” tandasnya. (RG-56)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan