Advertisements
Hari Ini
    • Home
    • Politik
    • Hamka Masuk Dalam Calon Pj. Gubernur Nasdem., Cukup Dari Bube ke Bumi Beringin

    Hamka Masuk Dalam Calon Pj. Gubernur Nasdem., Cukup Dari Bube ke Bumi Beringin

    Image

    RGOL.ID GORONTALO – Memang benar, dalam politik tak ada yang tak mungkin. Lihat saja, Nasdem yang semula dipastikan tidak akan merekomendasi nama Hamka untuk diusulkan ke Kemendagri, ternyata masuk juga dalam daftar calon Pj. Gubernur.

    Hamka Hendra Noer akhirnya masuk dalam daftar Calon Pj. Gubernur, meskipun berada pada posisi kedua setelah Firdaus Dewilmar yang menjadi prioritas Nasdem.

    Itu hasil pertemuan Hamka Hendra Noer dengan Rahmat Gobel di Jakarta kemarin,tetapi Adhan Dambea mengingatkan dalam Fraksi Nasdem ada PAN,menurut Adhan PAN juga punya hak untuk mengajukan Calon Pj. Gubernur.

    Wakil Ketua DPW Nasdem Bidang Legeslatif, Mikson Yapanto mengakui Hamka sudah menghadap RG, dengan demikian, Nasdem punya 2 Calon yang pertama Firdaus dan yang kedua adalah Hamka.

    Tentu bagi Hamka tidak penting nomor urut, yang penting namanya bisa masuk 3 besar Cagub Pj. Gubernur. Artinya kalau nama Hamka bisa masuk 3 besar, maka peluangnya untuk ditunjuk kembali oleh Kemendagri terbuka lebar.

    Karena tata cara pemilihan tidak ada dalam Tatib DPRD, maka akan dilakukan perengkingan. Maka Ini yang akan terjadi di Deprov, siapa yang namanya paling banyak muncul dari fraksi fraksi yang ada dialah yang masuk dalam 3 besar.

    Penjabat Gubernur ini bisa diambil alih oleh Kemendagri, kalau sampai tanggal 6, tiga nama itu belum juga dikirim ke Kemendagri, maka Mendagri akan menunjuk Pj. Gubernur diluar dari yang diusulkan oleh daerah.

    Ini bisa terjadi, kalau pembahasan 3 nama itu baru akan dilaksanakan setelah Pansus LKPJ, sebab Pansus ini akan makan waktu lama, ini belum lagi kalau terjadi tarik menarik di pada pembahasan 3 nama Calon Pj Gubernur.

    Tetapi kata Adhan, pembahasan Calon Pj. Gubernur ini akan dikebut. Dalam pertemuan sejumlah tokoh dari berbagai profesi tadi malam, terungkap kalau tidak hanya Nasdem, Golkar, yang tengah gerilya di Jakarta.

    Tetapi juga PPP, partai yang satu ini tidak bisa dipandang remeh karena mereka juga punya lobi lobi tingkat tinggi untuk meloloskan jagonya di tingkat Kemendagri.

    Sebab mereka sangat optimis jagonya akan lolos di 3 besar. Sementara PDIP sangat tenang, rupaya Kris Wartabobe dan kawan kawan sudah punya senjata pamungkas.Untuk menggolkan jagonya, PDIP tidak perlu gentayangan di Jakarta, untuk menjadi Pj. Penjagub.

    Cukup dari Bube ke Bumi Beringin artinya kalau Kris Wartabone yang mengantar nama Pj. Gubernur yang dijagokan PDIP ke Olly Dondokambe maka selesai sudah, karena di tangan penguasa Indobesia Timur itu, semua urusan PDIP di tingkat pusat pasti selesai.

    Terungkap dalam pertemuan mendekati sahur, Kamis malam, kemarin, kalau sejumlah tokoh Gorontalo di Jakarta telah menghubungi Ketua DPD PDIP Gorontalo Kris Wartabone. ” Dorang si ba telepon pa te Aba Kuce,” ungkap salah seorang tokoh.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Tinggalkan Balasan