Selangkah Lagi Jaringan Listrik Terhubung ke Dudepo

Image
Aleg DPRD Kabupaten Gorut dapil Anggrek - Monano, Lukum Diko mengawal langsung persiapan pembangunan jaringan penghubung bawah laut dari Desa Ibarat ke Desa Dudepo, Kecamatan Anggrek. (Foto : dok)

GORUT (RGOL.ID) – Tak lama lagi warga Desa Dudepo (pulau) di Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo akan menikmati jaringan listrik yang memadai.

Pasalnya, selama ini, warga masyarakat yang ada di 5 dusun di desa tersebut hanya menggunakan jaringan listrik lewat tenaga surya dan tidak berjalan efektif.

Ditargetkan tahun ini, jaringan listrik sudah terhubung ke wilayah Dudepo lewat bawah laut.

“Saya sudah turun dengan beberapa pihak kementerian terkait. Dan memang kendalanya tinggal surat hibah pembangunan gardu penghubung di dua titik, baik di Ibarat maupun di Dudepo,” ungkap Anggota DPRD Dapil Anggrek – Monano, Lukum Diko yang ikut langsung meninjau kesiapan jaringan penghubung.

Lukum berharap, untuk mempercepat itu (hibah tanah), pemerintah desa dan kecamatan dapat membantu proses hibah tanah dari pada pembangunan gardu penghubung di Ibarat dan Dudepo.

“Dan memang dua kepala desa tadi (kemarin, red) ikut turun dan menemui masyarakat pemilik lahan,” imbuhnya.

Pada prinsipnya, pihak pemilik lahan kata Lukum, bersyukur sekali jaringan listrik akan masuk ke Desa Dudepo.

“Karena selama ini mereka belum menikmati listrik. Memang sempat menggunakan tenaga surya tapi sudah tidak berfungsi lagi,” bebernya.

Memang terkait dengan proyek tersebut, saat ini, tinggal menyisakan jaringan penghubung bawah laut yang terkendala hibah tanah untuk pembangunan gardu.

“Untuk jaringan di darat itu sudah selesai, dan ini tinggal jaringan di bawah laut. Kendalanya tinggal lahan untuk pembangunan gardu induk,” ujarnya.

Kabel bawah laut yang nantinya dipasang, sebagaimana informasi yang pihaknya terima, lanjut kata Lukum sudah dilengkapi dengan kabel optik.

“Dan ini patut kita syukuri, kabel bawah laut ini sudah di lengkapi dengan kabel optik untuk internet. Jadi, mereka (masyarakat) juga nanti bisa menikmati fasilitas WiFi,” ketus Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Gorut itu. (RG-56)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan