Advertisements

UG Efektif Terapkan MBKM di Tahun Akademik Baru

Image
Workshop Kurikulum MBKM di lingkungan kampus UG. (Foto : dok)

KAMPUS (RGOL.ID) – Universitas Gorontalo (UG) akan mengefektifkan penerapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di tahun akademik baru 2023/2024 mendatang.

Seperti diketahui, saat ini UG telah menerapkan program MBKM. Meski memang, belum dijalankan secara keseluruhan. Hanya ada beberapa program studi yang menjalankan.

“Baru di Fakultas Ekonomi, Teknik dan Sospol yang menerapkan program MBKM, itu pun tidak di semua mahasiswa hanya ada beberapa, karena kita masih tahap adaptasi,” ungkap Wakil Rektor 1 UG, Prof. Dr. Hj. Meimoon Ibrahim, SE, MM, ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/3) kemarin.

Sehingganya untuk mengefektifkan penerapan program dari Kemendikbudristek itu, UG mulai menyiapkan segala perangkat dan pedoman terkait program MBKM tersebut.

“Ini sekarang sementara penyusunan buku panduan kurikulum MBKM. Sebelumnya kita sudah melaksanakan workshop.
Nantinya buku panduan tersebut akan menjadi acuan seluruh fakultas untuk menyusun panduan di fakultas masing-masing, dalam hal ini prodi-prodi,” imbuh Prof Meimoon.

Untuk itu, penerapan kurikulum MBKM di UG nanti diberlakukan di tahun akademik 2023-2024.

“Sebelumnya buku panduan MBKM ini akan disahkan terlebih dahulu oleh senat. Fix penerapannya di semester depan ini (semester ganjil tahun akademik 2023-2024). Untuk sekarang baru adaptasi. Kita sudah melaksanakan seperti magang dan pertukaran mahasiswa,” terangnya.

Sementara untuk konversi nilai, Prof Meimoon mengatakan, semuanya diserahkan ke prodi masing-masing.

“Itu otonomi dari pada prodi dan fakultas, sesuai anjuran dan penyampaian dari Kemendikbudristek. Jadi, mata kuliah apa yang mau dikonversi, itu diserahkan otonomi dari pada prodi dan itu harus di SK-kan,” tandasnya. (RG-56)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan