Advertisements

Ada Dukungan DAK dari Pemerintah Pusat, RSJ di Gorontalo, Sudah Perlukah?

Image
Potret Rumah Sakit Tombulilato di kabupaten Bone Bolango, yang saat ini, turut difungsikan menampung pasien Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di provinsi Gorontalo. (foto: berbagai sumber)

BOTU (RGOL.ID) – Rumah Sakit khusus yang menangani mereka para Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) atau Rumah Sakit Jiwa (RSJ) sudah saatnya dimiliki oleh provinsi Gorontalo.

Terlebih terkait pembangunannya sendiri, sudah mendapat sinyal positif dari pemerintah pusat, dengan adanya dukungan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Yang terkait kesiapan dan pembahasannya sendiri, dilakukan oleh jajaran Komisi IV Deprov, dengan sejumlah mitra OPD terkait, seperti dari Dinas Kesehatan (Dikes) provinsi Gorontalo, Senin (10/4) kemarin.

Dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi IV tersebut, terungkap, bahwa memang terkait kebutuhan RS yang khusus menangani ODGJ di provinsi Gorontalo saat ini, sudah ada sejak lama. Yakni di RS Tombulilato kabupaten Bone Bolango.

Namun menurut Wakil Ketua Deprov, Sofyan Puhi, yang juga Koordinator Komisi IV, mengatakan kapasitas penanganan ODGJ di RS Tombulilato itu, tidaklah mencukupi penanganan ODGJ yang tersebar di provinsi Gorontalo.

Yang saat ini, kabarnya sudah lebih dari 1.000 (seribu) orang. “Penanganan ODGJ di RS Tombulilato saat ini, hanya bisa menampung sekitar 20 pasien ODGJ saja, untuk rawat nginap. Dan sisanya difasilitasi dalam bentuk rutin berkonsultasi, atau rawat jalan,” ungkap Sofyan Puhi.

Olehnya, lanjut Sofyan, pihaknya merespon, apa yang menjadi dukungan dari pemerintah pusat, terkait ketersediaan DAK untuk pembangunan RSJ di provinsi Gorontalo. Artinya, Komisi IV memberi opsi atau pilihan, apakah dengan dana DAK itu, dimanfaatkan untuk merenovasi RS Tombulilato dengan fasilitas dan infrastruktur yang lebih baik dan memadai, untuk bisa menampung lebih banyak para ODGJ di provinsi Gorontalo.

Ataukah, memang sudah saatnya, RSJ yang benar-benar khusus untuk menangani para ODGJ di provinsi Gorontalo, segera dibangun? (ayi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan