Advertisements
  • Home
  • Gorontalo
  • KPwBI Gorontalo, Pemprov dan BGP Launching BERSINAR dan CBP Rupiah

KPwBI Gorontalo, Pemprov dan BGP Launching BERSINAR dan CBP Rupiah

Image

RGOL.ID, GORONTALO – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Gorontalo bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Gorontalo menyelenggarakan kegiatan bertajuk launching BERSINAR (Belajar Bersama Kami Mengenal QRIS) x CBP (Cinta Bangga Paham) Rupiah.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Syukri Botutihe, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Dian Nugraha, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo, Ir. Rusli Wahjudewey Nusi, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Gorontalo, Eky Aristanto Punu, Kepala OPD Provinsi Gorontalo, Kepala Sekolah dan Siswa SMA/SMK se-Provinsi Gorontalo, serta unsur perguruan tinggi.

Kegiatan launching BERSINAR dan CBP Rupiah ini dirangkaikan dengan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dihadiri kurang lebih 2.000 peserta upacara.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Dian Nugraha, mengatakan, program BERSINAR dan CBP Rupiah merupakan internalisasi dari QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) dan CBP Rupiah ke dalam bahan ajar Ekonomi di tingkat SMA dan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di tingkat SMK se-Provinsi Gorontalo.

Melalui internalisasi tersebut, diharapkan siswa-siswi dapat mengetahui, memahami dan menerapkan CBP Rupiah dan pembayaran berbasis QRIS di kehidupan sehari-hari.

Setelah pelaksanaan Launching BERSINAR x CBP Rupiah, pada bulan Juni 2023 akan dilaksanakan Training of Trainers kepada Guru Ekonomi dan Pengajar P5 di SMA/SMK se-Provinsi Gorontalo.

Kemudian akan dilanjutkan dengan Roadshow BERSINAR x CBP Rupiah yang akan dipusatkan di Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Pohuwato.

Kegiatan ini juga akan dirangkaikan dengan akuisisi user QRIS baru bagi siswa-siswi SMA/SMK yang telah memenuhi persyaratan, yaitu usia 17 tahun dan telah memiliki KTP.

Implementasi Bahan Ajar QRIS dan CBP Rupiah oleh Guru Ekonomi dan Pengajar P5 kepada para siswa-siswa SMA/SMK akan dilaksanakan di tahun ajaran baru, yaitu semester ganjil 2023.

Sebagai bentuk monitoring pelaksanaan program ini, maka pada bulan September hingga November 2023 akan dilaksanakan lomba, baik di tingkat siswa, guru dan sekolah se-Provinsi Gorontalo. (LaAwal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan