Advertisements
abd karim aljufrie
  • Home
  • rgol.id
  • MK Putuskan Sistem Pemilu Terbuka, Ekwan Ahmad : Ini Langkah Progresif Demokrasi

MK Putuskan Sistem Pemilu Terbuka, Ekwan Ahmad : Ini Langkah Progresif Demokrasi

Image

RGOL.ID DEKOT – Mahkamah Konstitusi telah menetapkan Pemilihan Umum tahun 2024 dilakukan secara transparansi atau terbuka.
Putusan tersebut disambut baik oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo Ekwan Ahmad.

Ketua DPC Hanura Kota Gorontalo itu menyampaikan Keputusan yang diambil MK sebagai langkah progresif dalam memajukan demokrasi di Indonesia.

“Penetapan Pemilu Terbuka oleh Mahkamah Agung merupakan tonggak bersejarah dalam perjalanan demokrasi kita. Saya menyambut baik keputusan ini dan percaya bahwa pemilihan umum yang terbuka akan membawa manfaat besar bagi partisipasi politik rakyat dan transparansi dalam sistem politik kita”, ujar Ekwan Ahmad saat ditemui di Kantor DPRD Kota Gorontalo.

Lebih lanjut Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Gorontalo menilai Pemilu Terbuka akan mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam proses pemilihan umum. Dengan memberikan akses yang lebih luas kepada calon-calon independen, pemilih memiliki pilihan yang lebih beragam dan dapat memilih sesuai dengan aspirasi dan harapan mereka.

“Keterbukaan dan transparansi adalah prinsip dasar demokrasi yang harus kita jaga. Dengan Pemilu Terbuka, masyarakat dapat lebih aktif mengawasi dan ikut berperan dalam menjaga integritas proses pemilihan umum, sehingga kepercayaan publik terhadap sistem politik kita semakin kuat”, tambah Ekwan.

Aleg dua periode ini juga menghimbau seluruh pihak terkait, baik penyelenggara pemilihan maupun peserta pemilu, untuk menjalankan Pemilu Terbuka ini dengan baik dan bertanggung jawab

“Sehingga proses implementasi Pemilu Terbuka dapat dilakukan secara transparan, adil, dan mengutamakan kepentingan rakyat”, Pungkasnya. (Jazz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan