Advertisements
Hari Ini
    • Home
    • Kampus GTLO
    • Pertama di Indonesia Timur, UMGO Buka Prodi S2 Manajemen Sumber Daya Hayati

    Pertama di Indonesia Timur, UMGO Buka Prodi S2 Manajemen Sumber Daya Hayati

    Image
    Dr. Mohamad Ervandi, S.Pt., M.P

    KAMPUS (RGOL.ID) – Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) terus melakukan upaya untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dan berkemajuan sesuai dengan visi yang diemban. Maka dari itu, UMGO terus melebarkan sayap dan melahirkan program studi (prodi) baru yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

    Dimana tepat pada Rabu 3 Mei 2023, Universitas Muhammadiyah Gorontalo resmi mengantongi izin pembukaan program studi baru, yakni Program Studi Manajemen Sumber Daya Hati (MSDH) Program Magister sesuai SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi nomor : 3207/E1/HK.03.00/2023 dan prodi ini bernaung di Fakultas Sains dan Ilmu Komputer.

    Adapun tim pengusulan prodi MSDH merupakan dosen dari jurusan Pertanian dan disuport penuh oleh civitas akademika Fakultas Sains dan Ilmu Komputer dan UMGO. Dosen-dosen yang terlibat tersebut ialah :

    1. Dr. Mohamad Ervandi, S.Pt., M.P
    2. Dr. Terri Repi, S.Pt., M.Si
    3. Dr. Talha Dangkua, M.Pd
    4. Indri Afriyani Yasin, P.hD
    5. Dr. Meity M. Mokogita, S.Hut., M.Si

    “Alhamdulillah, telah terbit izin Pembukaan Program Studi S2 MSDH di UMGO, Program Studi ini merupakan Program Studi Interdisiplineri yang mana mencakup Pertanian, Peternakan, Kehutanan, Budidaya Perikanan, Geografi, Ilmu Lingkungan dan Ilmi Sosial dimana Program Studi ini mempersiapkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi di era Industri 4.0,” terang Dr. Mohamad Ervandi, selaku tim pengusul sekaligus ketua jurusan Pertanian FSIK UMGO, saat diwawancarai oleh Humas UMGO, Selasa (9/05/2023).

    Ia melanjutkan, Program Studi ini merupakan Program Studi Pertama yang ada di Provinsi Gorontalo dan Indonesia Timur yang merupakan jantung kawasan Wallacea dan terletak di antara samudra pasifik dan teluk tomini yang kaya akan sumberdaya hayati. Selain itu, Program Studi yang diusulkan ini menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia wilayah tengah dan timur akan Program Studi Magister dibidang Manajemen Sumberdaya Hayati.

    “Lebih dari itu, posisi geografis yang unik tersebut merupakan daya tarik bagi calon mahasiswa dan periset dari seluruh Indonesia maupun Internasional,” ucapnya.

    Terakhir, Ketua Program Studi Peternakan ini mengatakan prodi ini memiliki banyak keunggulan mulai dari sisi pengembangn keilmuan, capaian pembelajaran MSDH mempunyai kurikulum yang menyiapkan kemampuan hard skill dan soft skill bagi calon lulusan yang berkompoten dan profesional di bidang pengeloaan sumber daya hati, ekosistem tropis serta memiliki daya sayang tinggi dibidang manajerial pada peningkatan nilai bioproduk jadi itu, adalah salah satu keunikannya nilai bioproduk atau nilai kawasan tropis secara berkelanjutan di Indonesia.

    “Selain itu UMGO memiliki banyak fasilitas daj ketersediaan laboratorium mulai dari lab lapang, lab alam juga memiliki SDM yang profesional dan dosen yang berkompoten dan berkualitas. Jadi harapan kami bahwa dengan terbukanya MSDH nantinya bisa menarik calon mahasiswa baik di Provinsi Gorontalo di luar Gorontalo, tetapi hingga pulau Jawa atau bahkan internasional,” tutupnya.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Tinggalkan Balasan