Advertisements
abd karim aljufrie
  • Home
  • Kampus GTLO
  • Rektor UG ungkap Kasus Stunting di Wilayah Pesisir Kabupaten Gorontalo

Rektor UG ungkap Kasus Stunting di Wilayah Pesisir Kabupaten Gorontalo

Image
Rektor UG, Dr. Sofyan Abdulllah, SP, MP saat didaulat membuka Kuliah Pakar tentang Stunting yang dilaksanakan di Auditorium UG, Kamis (4/5) kemarin. (Foto : 89_rg)

KAMPUS (RGOL.ID) – Rektor Universitas Gorontalo (UG) Dr. Sofyan Abdullah, SP, MP saat didaulat membuka Kuliah Pakar tentang Stunting yang diselenggarakan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Kamis (4/5) kemarin, mengungkap kasus stunting di wilayah pesisir Kabupaten Gorontalo.

Diakuinya, lokasi yang berada di wilayah pesisir Kabupaten Gorontalo itu dekat dengan Kota Gorontalo.

“Nama wilayahnya Desa Lopo. Desa Lopo itu masuk salah satu desa yang diharapkan bebas stunting,” ungkapnya.

Ia menyebut, ada hal menarik di desa tersebut. Dan nampaknya bagus untuk diteliti.

Dijelaskannya, Desa Lopo merupakan wilayah penghasil ikan.

“Alhamdulillah kemarin itu kami angkat sebagai tema pengabdian, sehingga kami tahu sedikit terkait dengan Desa Lopo,” imbuhnya.

Menariknya, walaupun berada di wilayah pesisir dan penghasil ikan. Namun, anak-anak, khususnya Balita di wilayah tersebut tidak mengkonsumsi ikan, sehingga stunting di sana sangat tinggi.

“Setelah kami tanya kepada kepala desa, apa penyebabnya. Ternyata, banyak ikan, tapi anak-anaknya tidak diberikan oleh orang tua dan ternyata ada yang hanya dirawat oleh nenek mereka yang tidak mengerti tentang gizi dan justru anaknya hanya diberi makan ikan asin,” bebernya.

“Padahal, ada banyak ikan segar. Justru, ikan segar yang didapat langsung dijual habis untuk memenuhi kebutuhan hidup. Saya kira ini perlu diseriusi bersama,” papar Dr. Sofyan.

Sehingga lanjutnya, oleh pemerintah provinsi, Desa Lopo dijadikan pilot project pengentasan stunting di Gorontalo.

“Makanya kehadiran Pak Prof (Narasumber Kuliah Pakar, Prof Dr dr. Abdul Razak Thaha, M.Sc, Sp.GK) di kampus kami, sangat kami hargai. Kami ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan Pak Prof berkunjung ke sini,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Dr. Sofyan juga menjajaki peluang kerja sama dalam hal pembukaan Program Magister Kesehatan Masyarakat di UG.

“Kami berharap ada kerja sama terkait dengan pembukaan S2. Ini penting untuk menjawab kebutuhan pangsa pasar,” tandasnya. (RG-56)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

iklan kpu prov
Klik gambar untuk berita selengkapnya
ads pps siakba
Klik gambar untuk berita selengkapnya
iklan tahapan pilkada kpu bonebolango
Klik gambar untuk berita selengkapnya
Iklan KPU Provinsi
Klik gambar untuk berita selengkapnya
ads
dictionary Baca cable Terkait trending_up Trend format_indent_decrease Terkini dynamic_feed Lainnya