Advertisements
  • Home
  • Politik
  • Apakah Marten Memenuhi Syarat Jadi Gubernur.. ?

Apakah Marten Memenuhi Syarat Jadi Gubernur.. ?

Image

RGOL.ID GORONTALO – Hanya satu kelemahan Marten Taha untuk bisa memenangkan pertempuran di Pilgub, selain soal dana, Marten memiliki segalanya yang menjadi syarat sebagai seorang pemimpin.

Andai dia punya dana, tentu dia bisa bersaing dengan siapa saja yang yang memiliki dana besar.

Sebagai Walikota, Marten mengukir berbagai prestasi, terutama dalam hal pemerintahan dan ekonomi. Lihat saja IPM Kota Gorontalo.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Gorontalo masuk 3 besar di Sulawesi dan paling tinggi di Provinsi bahkan beda sangat jauh dengan IPM Provinsi Gorontalo.

Angka IPM Gorontalo, 78, 22, sementara Provinsi 68, 81. Ini penilsian yang diberikan Badan Pusat Statistik Provinsi Gorobtalo.

Memang Marten sangat juara dalam menata pemerintahan, administrasinya sangat kuat. Jadi jangan heran kalau selama 9 tahun memimpin Kota Gorontalo, dia berhasil menyabet banyak sekali penghargaan bergengsi di berbagai bidang.

Makanya Marten dinilai sangat memenuhi syarat untuk menjadi Gubernur. Ingat Marten pernah lama di Deprov bahkan sempat menjadi Ketua DPRD dan tidak terbantahkan kalau Marten adalah Walikota Gorontalo yang sangat berprestasi.

Karena baru dia Walikota Gorontalo yang berhasil meraih manisnya Purna Karya Nugraha, dan Gorontalo baru ada dua orang yang bisa meraihnya, pertama Bupati Kabgor Kasmad Lahai hampir 50 tahun silam dan yang kedua Marten.

Maka sangat wajar kalau Marten dinilai sangat memenuhi syarat untuk menjadi Gubernur karena dia punya rekam jejak yang sangat baik selama memimpin Gorontalo ini dibuktikan dari hampir 200 penghargaan yang diterimanya.

Selama dua priode memimpin Kota Gorontalo, Marten mampu meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi, mampu mengendalikan inflasi dan menekan angka kemiskinan.

Ukuran keberhasilan seorang kepala daerah adalah tingginya angka IPM, pertanyaannya apakah Marten mampu membawa Gorontalo kearah yang lebih baik jika nanti dia jadi Gubernur?

Kuncinya kata Marten ada pada pertanian, kalau sektor ini diberi perhatian khusus, maka ada 30 persen lebih rakyat Gorontslo yang ekonominya akan sangat membaik, dengan demikian kata Marten, angka kemiskinan Gorontalo akan turun drastis.

Betapa tidak, 30 persen dari 1 juta lebih penduduk Gorontalo adalah petani. Kalau masalah benih, pupuk alat pertanian, dan pasca panen semuanya beres, maka pasti ini akan mengurangi angka kemiskinan, demikin pula dengan perikanan dan perkebunan.

Selain itu kata Marten lagi, Angka Partisipasi Kasar (APK) harus dinaikan begitu pula dengan Angka Partisipasi Murni ( APM) disemua jenjang sekolah. Selain itu angka harapan hidup juga harus ditingkatkan serta peningkatan daya beli masyarakat.

Sekadar catatan, sekarang ini Marten Taha adalah Walikota Gorontalo yang menjadi Wakil Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indenesia (Apeksi).

Ini menujukan kalau kalau Marten sangat berkualitas, mestinya dia bisa terpilih jadi Ketua andai dia dari Kota besar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan