Advertisements

Kembalikan Kejayaan Gorontalo Utara Sebagai Lumbung Sapi

Image

RGOL.ID GORONTALO – Jauh sebelum provinsi Gorontalo terbentuk, bahkan hingga di 10 tahun awal pemerintahan provinsi Gorontalo, pemandangan akan pengiriman sapi ke luar daerah melalui pelabuhan Kwandang, sudah biasa menjadi daya tarik tersendiri, bagi masyarakat yang ketika itu, ingin berpergian melalui kapal laut, atau sekedar berpelesir berkunjung ke sejumlah pulau-pulau di kabupaten paling bungsu dari provinsi Gorontalo ini.

Namun dalam beberapa tahun terakhir ini, aktivitas pengiriman sapi asal kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) dan sebagian dari daerah-daerah lain di provinsi Gorontalo, dengan tujuan seperti ke Tarakan-Kalimantan Utara, dan di luar daerah lainnya, hampir tidak pernah terlihat lagi.

Alhasil, dari kilas balik sejarah tersebut, anggota Komisi II Deprov, Muhammad Nasir Majid, ingin mengembalikan kejayaan, bahwasanya kabupaten Gorut, pernah dikenal sebagai lumbung sapi di Sulawesi bahkan secara nasional. “Buktinya, saat saya masih kecil dulu, dan menetap di Makassar-Sulawesi Selatan, ayah saya sering membeli sapi yang berasal dari kabupaten Gorut, untuk dikirimkan ke Makassar.

foto/capt: Potret pengiriman sapi ke luar daerah, yang dahulu sering dilakukan melalui pelabuhan Kwandang, kabupaten Gorontalo Utara. (foto: berbagai sumber)

Karena, selain sapi-sapi asal Gorut begitu berkualitas, juga dari sisi harga-nya, lebih murah dibanding dari daerah lain, seperti di pulau Jawa,” ungkap Nasir, seusai menghadiri rapat paripurna penyampaian LHP LKPD Pemprov Gorontalo tahun 2022 dari pihak BPK RI, Senin (29/5) kemarin. “Dan, jika ingin kebenarannya, ayah saya bisa jadi saksi hidup,” imbuh politisi Gerindra ini.

Olehnya, lanjut Nasir lagi, yang juga anggota Deprov dari daerah pemilihan (dapil) V Gorut ini, bahwa untuk mengembalikan kejayaan kabupaten Gorut, sebagai lumbung sapi di Sulawesi ini, dirinya berencana akan menyalurkan semua aspirasi Pokok-pokok Pikiran (Pokir) DPRD di 2024 nanti, keseluruhannya untuk program perkembangbiakan akan potensi sapi dari Gorut.

“Insya Allah, itu sudah menjadi niat saya. Bahwa pokir-pokir DPRD dari saya di 2024 nanti, keseluruhannya pada program pengembangan potensi sapi di kabupaten Gorut.” ujar dia. “Dengan cara, akan secara bertahap saya awali per kecamatan, dengan memberikan bantuan peternakan sapi kepada masyarakat, untuk bisa dikembangkan. Karena saya optimis, Gorut berpotensi untuk itu, baik dari sisi pakan ternak, SDM para peternak, dan sebagainya,” jamin Nasir Majid. (ayi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan