• Home
  • Politik
  • Dari Pertambangan, Pohuwato Kecipratan 2,7 T. Fadel Datang WPR Selesai

Dari Pertambangan, Pohuwato Kecipratan 2,7 T. Fadel Datang WPR Selesai

Image
Foto : Fadel Muhammad.

®Reporter : RAGORO

RGOL.ID GORONTALO – Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad sangat nekat naik ke Gunung Pangi untuk meninjau lokasi pertambangan, Meski aparat melarangnya karena situasi belum kondusif, namun mantan Gubernur Gorontalo itu tidak peduli, dia tetap menemui bekas rakyatnya di sana.

Melihat Te Habib yang datang ratusan penabang menyambutnya dengan tepuk tangan, tercatat selama pertemuan itu ada 8 kali Fadel mendapatkan tepuk tangan, apalagi ketika Wakil Ketua MPR RI itu menghubungi Menteri ESDM terkait dengan Ijin Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) yang selama ini sangat didambakan para rakyat Pohuwato, khususnya para penambangan.

Dari pembicaraan lewat telepon dengan Menteri, para penambang mendengar langsung bahwa apa yang mereka dambakan selama ini akhirnya akan terwujud. ” Oditi pemimpin,” kata seorang warga.

Lebih meyakinkan para penambang, karena dari pembicaraan FM dengan Menteri terdengar sangat akrab. Memang Fadel dan Menteri ESDM Arifin Tasrif sangat akrab mereka satu kuliah.

Sebagai politisi yang punya latar belakang pengusaha, tentu Fadel Muhammad tahu persis apa yang dimaui pengusaha dan apa yang diharapkan masyarakat.

Makanya ketika memimpin rapat dengan 200 penambang di Pohuwato siang tadi, ada hal hal yang menggembirakan, pertama soal ijin WPR yang segera akan kemudian pihak perusahaan harus segera melakukan ganti rugi lahan yang disebut sebagai tali asih dan proses pembayarannya sudah akan dimulai Sabtu nanti.

Soal WPR, Fadel sempat menanyakan kepada pihak Dinas Pertambangan Provisi, mengapa mereka tidak mengurusnya selama ini, jawaban yang diperoleh mantan Gubernur itu bahwa ada yang memblok mereka di pusat, inilah kemudian Fadel langsung menghubungi Menteri ESDM, dan hasilnya Pohuwato akan mendapatkan ijin WPR.

Fadel juga mengapresiasi kinerja Kapolda Gorontalo dalam menjaga keamanan di Pohuwato.

Rapat yang berlangsung pagi tadi, dihadiri Kapolda, PJ Gub, Wakil Bupati dan Forkopimda Pohuato. Kabinda bersama Masyarakat penambang yang jumlahnya sekitar 200 orang.

Pada kesempatan itu Fadel Muhammad memperkirakan pada 2025 nanti pihak perusahan pertambangan akan menghasilkan uang sebesar 12 Triliun sementara Pohuwato sendiri akan dapat 2,7 T, ini dana yang besar untuk Pohuwato, kalau dana sebesar itu digunakan untuk kepentingan rakyat, maka Pohuwato akan makmur. “Saya bilang pada Ibu Suharsi agar dana itu digunakan untuk bangun pertanian,” kata Fadel.

Pada kesempatan itu terungkap pula kalau Fadel mengeluarkan ijin pertambangan pada rakyat, baik itu di Pohuwato maupun di Bonbol. “Kalau saya mau, maka sebagai Gubernur saya bisa saja punya lahan garapan , tetapi tak mungkin saya lakukan,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

ads
Image Not Found
Image Not Found
sosialisasi tahapan pilkada kpu bonebolango
Image Not Found
ads