• Home
  • Politik
  • Rustam Rajawali Banget. Kini Nasdem Punya Profesor

Rustam Rajawali Banget. Kini Nasdem Punya Profesor

Image
Foto : Prof Rustam Akili

®Reporter : RAGORO

RGOL.ID GORONTALO – Jika PPP memiliki Nelson Pomalingo maka kini Nasdem juga memiliki Rustam Akili. Artinya sudah ada dua petinggi partai yang bergelar Profesor. Tidak hanya itu Rustam juga tercatat sebagai Prof Pertama di LLDIKTI Wilayah XVI GoSulutenggo.

Ketua Serikat Islam Gorontalo ini baru saja menyandang gelar Prof. bidang ilmu Hukum Administrasi Negara dengan angka kredit 879, 20. Dengam demikian kini ada 5 gelar akademis yang disa dang mantan Ketua Deprov Goronyalo itu, yakni Prof. DR. SE. SH dan MH.

Dalam pidatonya pada acara penyerahan SK Kenaikan Jabatan Akademik Guru Besar Prof. Rustam Akili mengutip pidato Ketua Dewan Adat Gorontalo Alim Niode pada MILAD YAYASAN DLP ke 42 tentang Filisofi Rajawali, kata Rustam, yang bershio Naga itu, bahwa burung Rajawali berani mengambil keputusan dan cepat bertindak. Ia tahu, begitu ia mengamati sesuatu yang berharga, maka is harus bergegas memperolehnya.

Kalau tidak maka kesempatan itu akan hilang diambil oleh yang lain. Ia akan menyatukan hati pikiran dan seluruh raga jasmaninya melesat menuju sasaran. Ia tidak hanya mewacanakan target dan sasaran dalam benaknya, tetapi mewujudkan dan mengejarnya dengan segenap kekuatan.

Filosofi burung Rajawali ini memang Rustam banget, tokoh politik yang satu ini memang tak ada matinya, langkah langkah politiknya selama ini memang gagah bak burung Rajawali.

Di bagian lain pidatonya Rustam mengatakan, Pencapaian Guru Besar adalah tingkat tertinggi dalam jenjang jabatan akademik.

Guru Besar ditetapkan melalui proses panjang sesuai regulasi, seleksi, dan tentunya penilaian yang kredibel, Aturan tentang Guru
Besar tercantum dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 ayat 3 yang berbunyi: Guru besar atau profesor yang selanjutnya disebut profesor adalah jabatan fungsional tertinggi bagi dosen yang masih mengajar di lingkungan satuan pendidikan tinggi.


Prof. Yos Johan Utama SH.,Mhum, “Mengatakan jabatan guru besar merupakan jabatan tertinggi dalam gelar akademik. Meski begitu, makna sebenarnya dari guru besar bukanlah berasal dari gelarnya namun dari
apa yang bisa diperbuat”.

Sehingga bagi saya Mindset utamanya adalah kemampuan sang guru besar mencetak karya-karya dan riset – riset yang baik untuk kemaslahatan umat manusia dan alam semesta.

Riset yang dilakukan tidak hanya menghasikan publikasi saja, namun jauh lebih penting riset-riset yang dihasilkan memberikan inovasi
yang bermanfaat untuk masyarakat, inovasi yang bermanfaat bangsa dan negara.
Bagi saya, Guru Besar ini adalah bukan satu – satu proses pencapaian keilmuan atau jabatan tertinggi pada gelar akademik, tapi sebuah proses untuk memberikan Legitimasi Sumber Daya Manusia, Legitimasi Institusi ( Universitas Gorontalo ) dan Legitimasi Publik bahwa Peran Yayasan Pendidikan Duluwo Limo Lopohalaa Gorontalo sebagai Yayasan Penyelenggra Perguruan Tinggi Swasta yang komitmen serta konsisten untuk memajukan pendidikan di Provinsi Gorontalo.

Setelah mendalami Pengurusan Pangkat Guru
Besar dengan perjuangan yang begitu panjang dan proses yang kiranya tidak segampang membalikkan telapak tangan. Begitu banyak diskursus dan Konklusi yang dia pelajari bersama teman – teman
termaksud dengan KEMENRISTEKDIKTI. Ternyata, Problema tentang Srategis Pengembangan SDM dan
Karir Dosen pada Perguruan Tinggi itu adalah :

  • Masih banyak dosen yang tidak emenuhi kualifikasi
    pendidikan minimal
  • Jumlah dosen yang berpendidikan doktor masih kurang
  • Masih banyak dosen yang belum memiliki jabatan
    akademik
  • Jumlah guru besar masih sangat sedikit
  • Publikasi ilmiah dosen/ilmuwan dan HAKI masih sangat
    rendah
    Oleh karna itu dari Proses yang mungkin sudah saya
    lalui ini, adalah pelajaran dan motivasi bagi semua
    Dosen di Lingkungan Universitas Gorontalo. Insya
    Allah ( Atas Izin Allah ) saya akan menjadi Support
    System bagi anda – anda semua.

Namun, semua akan sia – sia jika Bapak/Ibu Dosen tidak juga sunguh – sunguh, John F. Kennedy. Berkata.
“Usaha dan keberanian tidak cukup tanpa tujuan dan arah perencanaan yang sunguh – sunguh .”

“Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk(mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami.

sesungguhnya Allahb benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” Surat Al – ‘Ankabut ayat 69 Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.

Bapak/Ibu yang saya hortmati
Semoga kedepan Universitas Gorontalo makin maju dan berdaya saing, tentu ini tidaklah muda, karna dunia pendidikan begitu penting untuk kemajuan Gorontalo, jangalah berhenti dan mengeluh.

Plato seorang filsuf yunani telah perpesan siapa yang tidak peduli pendidikan, dia berjalan lumpuh sampai akhir hidupnya

Ucapan terima kasih atas bimbingan dan dukungan selama ini yang diberikan di Universitas Gorontalo. “SK Guru Besar ini saya persembahkan untuk bapak sebagai
tanda terimah kasih.

Filosofi Burung Rajawali yang disampaikan Saya memaknai bahwa sebagai Spirit untuk terbang bersama membesarkan
Universitas Gorontalo. Kalaupun sudah ada Rajawali dihadapan Bapak/Ibu dia akan bertindak sebagai Support System dan Motivator.

Pada kesempatan penyerahan SK Kenaikan Jabatan Akademik Guru Besar Prof.
Dr. H. Rustam Hs. Akili,SE,SH.,MH di Auditorium UG, 30/10/2023

Kepala LLDIKTI GOSILUTENGGO WIL XVI, Munawir Sadzali Razak mengatakan, Dosen adalah aset dari Universitas bukan beban bagi Universitas Gorontalo ini yang harus diperhatikan oleh Perguaruan Tinggi.

  • Penekanan 5 Aspek penting yang harus diperhatikan oleh Perguruan Tinggi
    untuk menuju Universitas Unggul, saya berharap 5K ini dapat direalisasikan.
  1. Kualifikasi Dosen
  2. Karir
  3. Kompotensi
  4. Kinerja
  5. Kesejateraan
  • Universitas Gorontalo di undang oleh Kepala LLDIKTI pada acara Banch
    Mark yang dilaksanakan di Jakrta dan akan dipertemukan dengan 3
    Univesitas Unggul di Jakarta bulan November 2023
  • Sejak berdiri LLDIKTI GOSULUTENGGO Wilayah XVI tahun 2020 Prof. Dr. H.
    Rustam Hs. Akili,SE,SH.,MH Guru Besar Pertama di Wilayah LLDIKTI
    GOSULUTENGGO, ini sangat membangakan bagi kami.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

ads
Image Not Found
Image Not Found
sosialisasi tahapan pilkada kpu bonebolango
Image Not Found
ads