• Home
  • rgol.id
  • Jika Tak Ada Benih Jagung, Petani Kehilangan Uang 6 T dan Idul Fitri

Jika Tak Ada Benih Jagung, Petani Kehilangan Uang 6 T dan Idul Fitri

Image

®Reporter : RAGORO

RGOL.ID GORONTALO – Para Petani Gorontalo diprediksi tidak bisa menikmati ibadah puasa dan lebaran, karena mereka tidak punya daya beli.Pasalnya sampai sekarang ini benih jagung untuk Gorontalo belum jelas jumlahnya.

Padahal Gorontalo butuh benih jagung sebanyak 250 sampai 300 ribu hektare, nah kata Dahlan Usman, kalau bulan Desember sudah mulai tanam maka Maret sudah panen, dan pada awal April, para petani sudah punya duit.

Ingat kata Dahlan, dalam 50 ribu hektare jagung ada duit 1 Triliyun maka kalau dari 300 ribu hektare ada dana 6 T.

Pertanyaannya bagaimana bisa mendapatkan benih jagung sangat tergantung pada kemampuan Pemprov meyakinkan pemerintah pusat dalam hal ini Mentan.

Makanya banyak kalangan di Gorontalo menyarankan agar Penjagub membawa pengusaha hasil bumi untuk rame rame bertemu Mentan.

Kepastian ketersediaan benih jagung ini sangat sangat penting untuk Gorontalo, jika tidak maka dipastikan angka kemiskinan Girontalo akan naik tajam.

Inilha hasil diskusi 7 anggota tim pengkaji Pj.Gubernur tadi siang.
Selain benih jagung juga bahas ketersediaan pupuk, perlu diketahui, sebenarnya tidak pernah ada kelangkaan pupuk, yang ada adalah mafia pupuk ini yang harus digulung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

ads
Image Not Found
Image Not Found
sosialisasi tahapan pilkada kpu bonebolango
Image Not Found
ads