Advertisements
  • Home
  • Bone Bolango
  • KPU Bone Bolango Siap Rekrut 3.563 Petugas KPPS dan 1.018 Petugas Linmas

KPU Bone Bolango Siap Rekrut 3.563 Petugas KPPS dan 1.018 Petugas Linmas

Image

RGOL.ID, GORONTALO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango, menggelar sosialisasi persiapan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (7/12/2023) di Hotel Aston itu, menghadirkan pemateri Ketua Bawaslu Bone Bolango, Sofyan Djama dan anggota KPU Bone Bolango, serta dihadiri Ketua-Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 18 Kecamatan se- Bone Bolango.

Ketua KPU Bone Bolango, Sutenty Lamuhu menekankan beberapa poin terkait persiapan perekrutan KPPS.

Sutenty meminta Panitia Pemungutan Suara (PPS) lebih selektif dalam memilih petugas yang nanti akan menjadi KPPS.

Selain itu, Sutenty juga meminta kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS untuk mensosialisasikan secara luas kepada masyarakat, tentang tahapan rekrutmen KPPS.

Sutenty menyampaikan, untuk jumlah anggota KPPS yang akan direkrut pada Pemilu tahun 2024 ini, didasarkan pada jumlah TPS di Bone Bolango.

“untuk Pemilu 2024 ini, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bone Bolango sebanyak 509 TPS dan setiap TPS ada 7 anggota KPPS, maka jumlah keseluruhan anggota KPPS yang akan direkrut dan bertugas di Bone Bolango adalah 3.563 orang,” jelas Sutenty.

Selain itu, KPU juga akan merekrut Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang akan bertugas menjaga TPS.

“satu TPS itu akan dijaga oleh dua orang Linmas, sehingga total jumlah Linmas yang akan direkrut untuk 509 TPS adalah 1.018 petugas linmas,” tambah Sutenty.

Nah, untuk masuk menjadi anggota KPPS, tentunya harus memenuhi syarat dan kriteria, yakni sudah berumur 17 tahun, bisa membaca dan menulis, termasuk melek teknologi.

“kenapa harus paham teknologi, karena KPPS akan menggunakan teknologi informasi terkait dengan penggunaan aplikasi rekam mobile pada saat proses penghitungan suara di TPS,” jelasnya.

Demikian pula, untuk memastikan anggota KPPS ini siap melaksanakan tugas, maka setiap anggota KPPS dalam kondisi sehat, dimana salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi adalah surat kesehatan dari dokter atau pihak rumah sakit yang menerangkan bahwa mereka ini dalam keadaan sehat dan tidak memiliki penyakit komorbitas.

Memang diakui Sutenty, salah satu kendala yang sering dihadapi dalam perekrutan anggota KPPS itu adalah cek kesehatan.

Sehingga untuk mengantisipasi kendala itu, maka KPU akan melaksanakan rapat koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk membicarakan proses cek kesehatan maupun pembiayaan yang nanti akan dibebankan kepada masing-masing calon pendaftar KPPS.

Bagaimana ruang lingkup tugas dan honor KPPS? Sutenty menyampaikan, berdasarkan Peraturan KPU maka honor Ketua KPPS sebesar Rp.1.200.000, sedangkan anggota Rp.1.100.000 yang tentunya honor ini jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 nominalnya naik dua kali lipat.

Disamping itu kata Sutenty, beban kerja KPPS juga dikurangi. Contohnya pada tahun 2019 KPPS secara manual menyalin dan membuat salinan berita acara yang banyak sekali jumlahnya kemudian diserahkan kepada masing-masing saksi.

Sedangkan pada Pemilu 2024 nanti, KPPS tidak perlu menyalin banyak-banyak berita acara, tetapi cukup mengisi salinan dalam satu rangkap, kemudian di scan lalu di print out dan dibagikan kepada para saksi.

Terakhir, Sutenty menyampaikan bahwa pengumuman hingga pendaftaran anggota KPPS Pemilu 2024 mulai berlangsung pada 11-20 Desember 2023 dan tahapan penetapan anggota KPPS pada 24 Januari 2024.

“kami berharap dengan honor KPPS yang naik dan beban kerja yang dikurangi, maka pelaksanaan Pemilu di Bone Bolango berjalan sukses,” tutur Ketua KPU Bone Bolango, Sutenty Lamuhu. (LaAwal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan