Advertisements
Hari Ini
    • Home
    • Ekonomi
    • Ingin Berperan Lebih Dalam Pembangunan Provinsi Gorontalo, IAI Audiensi Ke Pj. Bupati Gorontalo Utara

    Ingin Berperan Lebih Dalam Pembangunan Provinsi Gorontalo, IAI Audiensi Ke Pj. Bupati Gorontalo Utara

    Image
    Foto : IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) Gorontalo dialog bersama Pj. Bupati Garut Sila Nurainsha Botutihe.

    RGOL.ID (GORUT) – Langkah besar dilakukan oleh IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) Gorontalo yang diketuai oleh Yohanes P. Erick A.

    Diawal tahun 2024 ini IAI ingin jauh memberikan peran lebih terhadap pembangunan di Provinsi Gorontalo.

    Keinginan itu bukan isapan jempol belaka, karena pada hari Rabu, (10/01/24) IAI berkunjung ke Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara.

    kunjungan tersebut diterima langsung oleh Penjabat Bupati Gorut di Kantor Dinas Bupati bersama jajarannya.

    “Alhamdulilah setelah beberapa kali kita jadwalkan, akhirnya kami bisa bertemu dengan pengurus IAI, dan membicarakan hal-hal strategis terkait pembangunan di Gorut” sambut Sila Nurainsyah Botutihe.

    Audiensi tersebut dilaksanakan dalam rangka silahturahmi pengurus IAI di Pemda Gorut. Dalam kunjungannya IAI menyampaikan beberapa hal penting di dalam perannya mendukung pembangunan di Kabupaten Gorut.

    Antara lain mengenai implemetasi UU 6/ 2017 tentang Arsitek, dimana menjadi sebuah kewajiban bagi Arsitek untuk memiliki Surat Tanda Registrasi Arsitek (STRA).

    Ketua IAI Gorontalo, Yohanes P. Erick A. mengatakan IAI ingin bekerjasama dengan Pemda Gorut dalam pengentasan kemiskinan, seperti bantuan teknis gratis untuk permohonan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), pendampingan peningkatan kualitas permukiman kumuh, dan sayembara masterplan Gorut.

    “Khusus masyarakat miskin, kami siap mengirimkan Arsitek profesional dan menawarkan bantuan teknis secara gratis sampai penerbitan PBG, tidak hanya rumah pribadi, masjid dan infrastruktur lainnya kami juga berkomitmen akan membantu secara cuma-cuma, asalkan untuk masyarakat miskin” ungkap Erick.

    Sila Nurainsyah Botutihe menyambut baik program dari IAI Gorontalo dan akan segera menindaklanjuti melalui dinas teknis terkait. “Segera setelah pertemuan ini kami akan segera susun mekanisme kerjasama dengan IAI Gorontalo” tambahnya.

    Selain bantuan teknis, IAI juga siap jika diminta dalam pendampingan teknis lainnya, seperti misalnya dalam hal desain penataan pariwisata, pendampingan rumah bencana, dan bedah rumah dengan melibatkan CSR.

    IAI yang berkantor di kompleks ruko GBC ini, juga akan mulai memetakan gagasan para arsitek yang berkumpul dalam organisasi IAI untuk dapat lebih berkontribusi kepada pembangunan di Gorontalo Utara.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Tinggalkan Balasan