Advertisements
abd karim aljufrie
  • Home
  • Gorontalo
  • LSM Walihua Laporkan Dugaan Korupsi Proyek Saluran Tolinggula

LSM Walihua Laporkan Dugaan Korupsi Proyek Saluran Tolinggula

Image

RGOL.ID, GORONTALO – Ketua LSM Walihua, Sindu Abdul Azis, menyoroti mangkraknya pekerjaan kanal Tanggidaa.

Menurut Sindu, yang paling bertanggung jawab atas mangkraknya pekerjaan kanal itu adalah Penjabat Gubenur, Ismail Pakaya dan Kadis PUPR, Aris Ardiyanto.

Kenapa dua tokoh ini yang paling disoroti LSM Walihua? karena menurut Sindu, baik Penjagub maupun Kadis PUPR adalah tokoh sentral pengambil kebijakan atas kelanjutan proyek tersebut.

Apalagi kata Sindu, sudah lebih dari satu tahun pekerjaan kanal Tanggidaa mangkrak, namun sampai saat ini tidak nampak juga komitmen Penjagub dan Kadis PUPR untuk mencari cara bagaimana proyek ini bisa dilanjutkan dan selesai.

“ini menunjukkan pemerintah tidak sungguh-sungguh menyelesaikan pekerjaan proyek kanal Tanggidaa,” ujarnya.

Buktinya kata Sindu, pihak kontraktor sudah membuat pernyataan akan menyelesaikan proyek tersebut sampai bulan Februari dengan anggaran sekitar Rp3 miliar, namun kenyataannya niat baik kontraktor ini tidak mendapat sambutan dari Pemprov.

Padahal terinformasi masih ada sisa dana PEN di Pemprov sekitar Rp4 miliar yang bisa digunakan untuk menyelesaikan proyek Tanggidaa.

Selain itu kata Sindu, bukti tidak seriusnya Kadis PUPR terlihat saat pertemuan antara Pemprov, DPRD, dan Kejaksaan untuk membahas penyelesaian kanal Tanggidaa.

Dimana pertemuan itu lagi-lagi tidak dihadiri oleh Kadis PUPR dengan alasan masih ada pemeriksaan di Kejaksaan.

Tapi saat dikonfirmasi pada pihak Kejaksaan, ternyata tidak ada pemeriksaan disana, terakhir, terinformasi Kadis PUPR ada di ruangannya.

Ini membuktikan bahwa Aris Ardianto tidak punya niat untuk melanjutkan penyelesaian pekerjaan proyek.

Sehingga itu kata Sindu, tidak selesainya pekerjaan kanal Tanggidaa ini, masalahnya bukan pada pihak lain, tapi masalahnya ada di pemerintah, khususnya Penjagub yang tidak tegas kepada Kadis PUPR untuk menyelesaikan pekerjaan kanal Tanggidaa.

Sementara itu, Sindu juga menyesalkan pernyataan Penjagub yang tidak komitmen soal proyek yang kontraknya berakhir Desember akan diputus kontrak dan tidak akan diperpanjang kontraknya, jika pekerjaannya belum mencapai 95 persen, kecuali proyek-proyek yang ada di Diknas.

Pernyataan ini kata Sindu bertolak belakang dengan kenyataan di lapangan. Karena sesuai dengan temuan LSM Walihua, ada pekerjaan proyek di Dinas PUPR yakni rehabilitasi saluran irigasi di Tolinggula yang masih tetap dilanjutkan pekerjannya, meskipun kontraknya sudah berakhir 14 Desember 2023 dan pekerjaannya baru selesai 80 persen.

“kalau merujuk pada pernyataan Penjagub, harusnya proyek itu sudah diputus kontrak, tapi kenyataannya tetap dilanjukan meski kontraknya selesai Desember 2023 dan pekerjaannya baru 80 persen,” ujar Sindu.

Bahkan anehnya lagi kata Sindu, meskipun pekerjaan rehabilitasi saluran irigasi itu baru sekitar 80 persen, tapi ternyata pemerintah provinsi Gorontalo sudah menurunkan tim PHO tanggal 26 Desember 2023.

“ini juga aneh dan patut diduga ada kecurangan dalam menurunkan tim PHO, karena proyek baru 80 persen, tapi tim PHO sudah diturunkan, artinya kalau tim PHO sudah turun, seharusnya proyek itu sudah 100 persen, tapi kenyataan di lapangan, saat tim PHO turun, pekerjaan proyek itu baru sekitar 80 persen, ada apa ini?” tanya Sindu.

Celakanya lagi, dua hari usai tim PHO turun, tepatnya tanggal 28 Desember 2023, terinformasi pembayaran untuk proyek tersebut di duga sudah dicairkan 100 persen.

Sindu pun mengaku temuan yang didapatkan pihaknya itu sudah dilaporkan secara resmi ke Kejaksaan Tinggi Gorontalo.

“kami meminta Kepala Kejaksaan Tinggi segera merespon laporan dugaan korupsi pada proyek rehabilitasi saluran irigasi Tolinggula yang sudah dilaporkan oleh LSM Walihua,” tegas Sindu Abdul Azis. (awl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

iklan kpu prov
Klik gambar untuk berita selengkapnya
ads pps siakba
Klik gambar untuk berita selengkapnya
iklan tahapan pilkada kpu bonebolango
Klik gambar untuk berita selengkapnya
Iklan KPU Provinsi
Klik gambar untuk berita selengkapnya
ads
dictionary Baca cable Terkait trending_up Trend format_indent_decrease Terkini dynamic_feed Lainnya