Advertisements
abd karim aljufrie

Tak Dianggarkan di 2024, Islamic Center Dibangun 2025

Image
Foto : Erwin Ismail meninjau lokasi Proyek.

RGOL.ID (DEPROV) – Islamic Center, atau kawasan yang akan dijadikan sebagai pusat studi ilmu dan budaya Islam berlandaskan falsafah “Adat Bersendikan Syara’ dan Syara’ Bersendikan Kitabullah” di provinsi Gorontalo, belum dipastikan akan dibangun dan beroperasi di tahun 2024 ini. Padahal, dukungan untuk Islamic Center yang didalamnya turut terwacana, akan dibangun Masjid Raya Provinsi Gorontalo, sudah dirintis sejak di periode pemerintahan Penjabat Gubernur (Penjagub) Zudan Arif Fackrullah di 2017 silam.

Bahkan, saat itu, sejumlah keanggotaan Deprov Gorontalo periode 2014-2019 lalu, dalam sebuah rapat paripurna di Deprov, secara spontan menggelar donasi berupa pengumpulan ‘Koin untuk Masjid Raya’. Hingga di tahun 2020 lalu, berlanjut pada penetapan lokasi-nya di kelurahan Moodu Kota Gorontalo.

Namun lagi-lagi, untuk pembebasan lahannya terpaksa gagal bayar, padahal sudah dialokasikan di APBD saat itu, senilai Rp 15 Miliar.

Hingga akhirnya, kini tahapannya di 2023, seolah senyap, nyaris tidak terdengar lagi kelanjutannya.

Lalu, bagaimana dengan di 2024 ini, yang merupakan tahun terakhir periodisasi keanggotaan Deprov periode 2019-2024? Anggota Badan Anggaran (Banggar) Deprov, Erwinsyah Ismail, mengaku, untuk Islamic Center, belum dibahas penganggarannya, minimal untuk dukungan pembebasan lahan.

“Bagaimana kita (Banggar) akan mengalokasikan anggarannya di 2024, sementara belum diketahui dimana lokasi pembangunan Islamic Center itu.” tanya Erwinsyah.

Olehnya, Ketua Fraksi Demokrat-Nurani-Bangsa (DNB) di Deprov ini, mengharapkan, kepada Penjagub Gorontalo, Ismail Pakaya, untuk sesegera mungkin melakukan rapat koordinasi dengan bupati/walikota se provinsi Gorontalo. Terkait penetapan lokasi (penlok) yang dinilai benar-benar strategis untuk pembangunan Islamic Center tersebut.

“Jika koordinasi Penjagub dan Bupati/Walikota, sudah dilakukan untuk Penlok-nya. Insya Allah, Islamic Center bisa dibahas penganggarannya di 2024 untuk dibangun di (APBD) 2025,” harap Erwinsyah Ismail.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

iklan kpu prov
Klik gambar untuk berita selengkapnya
ads pps siakba
Klik gambar untuk berita selengkapnya
iklan tahapan pilkada kpu bonebolango
Klik gambar untuk berita selengkapnya
Iklan KPU Provinsi
Klik gambar untuk berita selengkapnya
ads
dictionary Baca cable Terkait trending_up Trend format_indent_decrease Terkini dynamic_feed Lainnya