Advertisements

150 UMKM Ikut Bazar Ramadhan BI Gorontalo

Image
Oplus_131072

RGOL.ID, GORONTALO – Mengusung tema ‘Indahnya Kebersamaan Ramadhan’, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Gorontalo, menggelarkan kegiatan Bazar Ramadhan yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus himpunan HEBITREN Provinsi Gorontalo.

Kegiatan yang dipusatkan di Kantor Lama Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Sabtu (16/3/2024) ni, dihadiri langsung oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Walikota Gorontalo yang diwakili oleh Sekda, Kepala Diskumperindag Provinsi Gorontalo, dan Ketua Ta’mirul Masjid Jami Arriadha III.

Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo, Dian Nugraha, mengatakan, sebagai bagian tugas dari Bank Indonesia dan dukungan untuk pengembangan ekonomi daerah, Bank Indonesia berkolaborasi aktif dengan Dekranasda Provinsi Gorontalo, Diskumperindag Provinsi Gorontalo, dan KDEKS Provinsi Gorontalo, menginisisasi Bazar Ramadhan 2024.

Dian berhara tema ini dapat meningkatkan momen kebersamaan masyarakat Gorontalo dalam menyambut bulan Ramadhan tahun ini.

Dian menambahkan, kegiatan Bazar Ramadhan ini salah satu upaya dalam menstimulus pengembangan UMKM di Provinsi Gorontalo, khususnya sebagai media promosi, media untuk meningkatkan omzet, dan diharapkan juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo.

Dian mengaku, Bazar ini merupakan bagian dari rangkaian acara Road to FESyar (Festival Ekonomi Syariah) Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan Indonesia Sharia Economic Festival 2024. Acara-acara tersebut merupakan rangkaian acara tahunan festival ekonomi keuangan syariah terbesar di Indonesia. Untuk waktunya, Bazar Ramadhan ini dimulai dari tanggal 16 Maret hingga 4 April 2024 dengan menampilkan 150 UMKM di bidang olahan pangan, kerajinan, fashion, hingga aneka takjil.

Sebagai perbandingan, tahun 2023 lalu, UMKM yang terlibat sebanyak 100 UMKM dengan jumlah transaksi sebesar Rp774.430.000 dan pengunjung sebanyak 3.103 orang. Dian berharap Bazar tahun ini bisa berjalan lebih baik dan berlangsung secara berkelanjutan, sehingga dapat dilaksanakan setiap tahunnya.

Selain itu, menurut Dian, pelaksanaan Bazar Ramadan tahun 2024 ini merupakan kolaborasi yang kedua antara Bank Indonesia bekerja sama dengan Dekranasda Provinsi Gorontalo dan Diskumperindag Provinsi Gorontalo.

Bukan itu saja, pada tahun ini, Bazar Ramadan telah disinergikan dengan program komite daerah ekonomi dan keuangan syariah atau KDEKS Provinsi Gorontalo guna mendukung literasi ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Gorontalo.

Selain itu, UMKM yang terlibat sangat variatif, baik merupakan binaan Bank Indonesia, Diskumperindag Provinsi Gorontalo maupun UMKM non binaan pilihan, sehingga dapat menyajikan variasi berbagai produk olahan pangan kerajinan dan fashion.

Sementara itu, Penjabat Gubernur, Ismail Pakaya, mengatakan, dengan berbagai kolaborasi dan sinergi, pelaksanaan Bazar Ramadan 2024 yang dilaksanakan sejak 16 Maret hingga 4 April 2024 diharapkan dapat mendorong roda ekonomi dan pengembangan UMKM di Provinsi Gorontalo.

Penjagub berharap Bazar Ramadan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Gorontalo untuk berbelanja dalam kebutuhan bulan Ramadan. “dengan kegiatan ini juga, kita berharap UMKM kita mendapatkan tempat di pasar Gorontalo,” harapnya. (awl/fadhila)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan