Advertisements
  • Home
  • Gorontalo
  • BI dan Perbankan Gorontalo Buka Layanan Penukaran Uang Terpadu

BI dan Perbankan Gorontalo Buka Layanan Penukaran Uang Terpadu

Image
Oplus_131072

RGOL.ID, GORONTALO – Dalam rangka merespon kebutuhan masyarakat atas uang rupiah pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2024 serta mendukung Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), maka Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Gorontalo bersama Perbankan, membuka kegiatan layanan Penukaran Uang Terpadu.

Kegiatan penukaran terpadu kali ini dipusatkan di Lapangan Taruna Kota Gorontalo pada tanggal 25 hingga 28 Maret 2024, dan Masjid Agung Marisa, Kabupaten Pohuwato pada tanggal 25 hingga 26 Maret 2024.

Kegiatan ini terlaksana atas kolaborasi antara Bank Indonesia bersama 14 Bank di Gorontalo, yakni Mandiri, BNI, BRI, BTN, BSG, BCA, Danamon, Mega, Sinarmas, Maybank, Panin, Muamalat, BSI, dan NOBU.

Kepala KPw BI Gorontalo, Dian Nugraha mengatakan, setiap harinya, masyarakat akan mendapatkan layanan penukaran melalui 5 loket.

Hal ini untuk mengakomodir animo masyarakat yang tinggi terhadap kebutuhan uang layak edar pada periode RAFI 2024.

Dian berharap kegiatan penukaran terpadu ini dapat melayani lebih banyak masyarakat dengan target lebih kurang 2.700 penukar/masyarakat, dengan kuota yang disediakan yakni penukar di Kota Gorontalo sebanyak 2.000 peserta dan 700 kuota penukar di Kabupaten Pohuwato.

Bagaimana cara menukar uang? Dian menjelaskan masyarakat dapat menukarkan uangnya pada layanan Penukaran Terpadu atau layanan Kas Keliling BI dengan terlebih dahulu memesan atau mendaftar melalui link https://pintar.bi.go.id.

Setelah memperoleh bukti pemesanan melalui aplikasi tersebut, masyarakat akan mendapatkan kepastian jadwal dan jumlah penukarannya, dan penukaran ini bersifat gratis atau tidak dipungut biaya, serta dijamin keaslian uang rupiahnya.

Selain itu kata Dian, BI terus berupaya agar proses layanan penukaran uang secara cepat dan tepat melalui pengembangan aplikasi PINTAR melalui fitur QR code, sehingga proses verifikasi menjadi lebih cepat. Untuk besaran jumlah penukaran secara paket, maksimal Rp4 juta.

Dian mengaku, selama kegiatan penukaran terpadu berlangsung, masyarakat diberikan edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah dan Belanja Bijak, serta mendukung kebijakan pemerintah agar ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat dapat terpenuhi.

Sementara itu, untuk menghindari adanya uang tidak asli (palsu), maka Dian menghimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan layanan penukaran uang hanya di lokasi resmi yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia dan perbankan lainnya, seperti Layanan Penukaran Terpadu, Kas Keliling BI dan Loket Perbankan.

Pada kegiatan itu juga, terdapat booth layanan KLINIK RUPIAH yang meliputi masyarakat secara langsung memperoleh informasi ketentuan uang rusak yang masih memperoleh penggantian, masyarakat dapat melihat secara langsung unsur pengaman pada uang rupiah terutama microtext atau huruf mikro melalui tampilan visual, masyarakat dapat bermain game online AR Rupiah sebagai media game edukasi rupiah, CBP Rupiah dalam bentuk permainan edukatif lainnya dan disediakan souvenir menarik bagi pengunjung yang beruntung.

Selanjutnya, pengunjung yang akan melakukan penukaran uang di lokasi penukaran, terlebih dahulu dapat melakukan scan QR code yang telah kami sediakan minimal Rp1 dan bagi pengguna baru QRIS akan memperoleh souvenir menarik. (awl/fadhila)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan