Advertisements
abd karim aljufrie
  • Home
  • Gorontalo
  • BI Gorontalo dan DPP Hebitren Safari Ramadhan di Pesantren Hubulo

BI Gorontalo dan DPP Hebitren Safari Ramadhan di Pesantren Hubulo

Image
Oplus_131072

RGOL.ID, GORONTALO – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Gorontalo, Dian Nugraha bersama Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Hebitren melakukan kegiatan Safari Ramadhan ke Pesantren Hubulo, Jum’at (15/3/2024).

Kegiatan Safari Ramadhan ini dirangkaikan dengan penanaman bibit cabai dan panen sayur hortikultura yang kemudian ditutup dengan buka puasa bersama dengan para pimpinan dan santri.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2021, Pesantren Hubulo telah menjadi salah satu pesantren binaan BI Provinsi Gorontalo dalam rangka mendorong kemandirian ekonomi pesantren.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Gorontalo meresmikan rumah bibit hortikultura, dan bantuan irigasi darat yang dipadukan dengan digital farming kepada Pesantren Hubulo.

Pemberian bantuan tersebut dilakukan untuk mendorong agar pesantren Hubulo tidak hanya dapat memproduksi produk pertanian hortikultura secara mandiri, namun juga dapat memberikan manfaat bagi perekonomian sekitar.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Dian Nugraha mengatakan, cabai selama ini menjadi komoditas utama penyumbang inflasi di Provinsi Gorontalo. Oleh karena itu, sangat penting menjaga ketersediaan stok cabai agar harga terus stabil.

“dengan bantuan rumah pembibitan dan digital farming ini, diharapkan dapat menjadi salah satu pusat pembibitan dan lumbung cabai di Provinsi Gorontalo,” ujarnya.

Dian menyadari betapa pentingnya peran pesantren dalam membentuk karakter, moral, dan juga kemandirian masyarakat. Dian sangat mengapresiasi upaya Pondok Pesantren dalam menghasilkan generasi yang berakhlak mulia dan berkualitas.

“dengan adanya kegiatan dan bantuan yang kami berikan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kemandirian Pondok Pesantren,” ujarnya.

Adapun kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan kegiatan mingguan yang dilakukan oleh KPw BI Provinsi Gorontalo selama bulan Ramadhan tahun 2024.

Safari Ramadhan dilaksanakan ke pesantren atau UMKM binaan Bank Indonesia dalam rangka monitoring evaluasi program serta dirangkaikan kegiatan buka puasa bersama para ulama, santri, dan pendukung pondok pesantren.

“saya ingin mengajak untuk terus meningkatkan kualitas akhlak, ilmu, dan kemandirian hidup dengan semangat dan gigih dalam mengembangkan potensi yang ada, serta menjaga dan memanfaatkan semua bantuan yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya dan kami berterima kasih kepada Pondok Pesantren Hubulo atas kerjasamanya, semoga bantuan ini dapat meningkatkan kemajuan dan kemandirian pondok pesantren,” tutur Dian Nugraha. (awl/fadhila)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan