Advertisements
abd karim aljufrie
  • Home
  • Gorontalo
  • BI Gorontalo Siapkan 1,12 Triliun Uang Layak Edar Selama Ramadhan – Idul Fitri 1445 H

BI Gorontalo Siapkan 1,12 Triliun Uang Layak Edar Selama Ramadhan – Idul Fitri 1445 H

Image
Oplus_131072

RGOL.ID, GORONTALO – Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap ketersediaan uang layak edar selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN), Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Gorontalo, menyediakan uang layak edar di Provinsi Gorontalo sebesar 1,12 triliun.

Melalui program Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI), BI melepas mobil layanan kas dari perbankan di Gorontalo.

“secara nasional BI menyiapkan uang layak edar sebesar Rp197,6 triliun dan untuk Gorontalo sebesar 1,12 triliun dengan pecahan besar 1.01 triliun dan uang pecahan kecil 112 miliar,” ujar Kepala KPw BI Gorontalo, Dian Nugraha.

Menurut Dian, untuk pelayanan kepada masyarakat, maka BI mengadakan beberapa kegiatan layanan kas yakni Layanan Penukaran Reguler dengan mengadakan kas keliling retail di pusat keramaian sebanyak 21 titik layanan kas.

Selanjutnya layanan BI Apresiasi yaitu kas keliling khusus di kantor Kementerian/Lembaga/Pemda, seperti kantor Gubernur, kantor Walikota, Kanwil Kementerian Kemenkumham.

Ada juga layanan Penukaran Uang Terpadu yaitu kolaborasi penukaran bersama perbankan di lokasi strategis yakni, Lapangan Taruna dan Masjid Agung Kabupaten Pohuwato.

Kemudian Layanan Bank Indonesia Peduli Mudik yaitu penukaran di Pelabuhan Gorontalo dan Bandara Djalaludin.

Layanan Penukaran Uang kepada masyarakat di loket perbankan sebanyak 30 titik layanan penukaran perbankan di 14 bank yang ada di Gorontalo.

“untuk melakukan penukaran uang, masyarakat dapat melihat jadwal dan lokasi penukaran uang pada link https:pintar.bi.go.id atau melalui QRCode,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Kota Gorontalo, Ismail Madjid mengatakan, melalui layanan Kick Off SERAMBI ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dalam menyambut Idul Fitri 1445 H dan dapat meningkatkan perekonomian, khususnya Kota Gorontalo.

“untuk menghindari adanya uang tidak asli (palsu), maka masyarakat diminta memanfaatkan layanan penukaran uang hanya di lokasi resmi yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia dan perbankan, gratis tidak dipungut biaya,” ungkapnya.

Sekda juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia yang telah menginisiasi dan membantu program-program pemerintah khususnya pemerintah Kota Gorontalo seperti kegiatan layanan penukaran uang khususnya di Kota Gorontalo. (LaAwal/Fadhila)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan