Advertisements
abd karim aljufrie
  • Home
  • Gorontalo
  • BI Gorontalo Gelar Kegiatan Bedah Buku Menebar Asa Meraih Cita

BI Gorontalo Gelar Kegiatan Bedah Buku Menebar Asa Meraih Cita

Image
Oplus_131072

RGOL.ID, GORONTALO – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Gorontalo kembali menerbitkan buku dengan judul ‘Menebar Asa Meraih Cita’.

Buku ini mengisahkan perjuangan UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo menuju kesuksesan melalui sentuhan dan stimulus dari Bank Indonesia dalam mengembangkan UMKM.

Untuk mengulas lebih jauh buku tersebut, maka KPw BI Provinsi Gorontalo menggelar bedah buku tersebut, di Galeri UMKM eks Kantor Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Senin (1/4/2024).

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo, Akademisi UMKM, Praktisi Media, UMKM Cahya Bintang, Pengurus Perpustakaan, dan  Asisten II Pemprov beserta seluruh jajaran instansi lainnya.

Kegiatan bedah buku kali ini menghadirkan narasumber, Isnawati Ilahude, S.Pd, M.Pd, Adiwinata Solihin, Fima Agustina, SH,M.Kn, dan Sefya Kiyai, S.E.

Kepala KPw BI Gorontalo, Dian Nugraha mengatakan, pelaku UMKM yang ditampilkan dalam buku ini merupakan representasi dari UMKM binaan di bidang olahan pangan, fashion, kerajinan dan termasuk pengembangan di Kawasan pondok pesantren.

Keberhasilan pengembangan UMKM binaan KPwBI Provinsi Gorontalo merupakan tindak lanjut dari implementasi prinsip-prinsip pengembangan UMKM yang diterapkan oleh Bank Indonesia secara BI-Wide.

Implementasi tersebut kata Dian, disesuaikan dengan kondisi Provinsi Gorontalo yang berfokus pada akselerasi peningkatan manajemen produksi, sumber daya manusia, keuangan, hingga promosi.

Tentunya semua itu untuk mendorong kemajuan UMKM sebagai unit usaha yang berdaya saing tinggi, sehingga mampu memperkuat jaringan pemasaran baik dalam maupun luar negeri.

Dian Nugraha menambahkan, dalam rangka upaya meningkatkan daya literasi dan pengetahuan dikalangan Masyarakat, mahasiswa dan UMKM Provinsi Gorontalo serta memberikan akses kepada publik untuk menyampaikan saran, masukan, dan solusi dari buku untuk pencapaian hasil yang lebih baik.

“Bedah Buku ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Perpustakaan KPw BI Provinsi Gorontalo untuk membedah bahan-bahan perpustakaan yang tersedia di dalamnya,” ujarnya.

Untuk itu kata Dian, pihaknya turut mengundang beberapa pengurus perpustakaan di wilayah Provinsi Gorontalo dalam rangka memperkenalkan dan memperluas jaringan perpustakaan KPw BI Provinsi Gorontalo, sehingga kedepannya membuka peluang kerjasama antar perpustakaan di wilayah Provinsi Gorontalo.

Sementara itu, Asisten II Pemprov Gorontalo, Handoyo Sugiharto, mewakili Penjabat Gubernur, mengatakan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo selama ini terus memberikan dampak yang nyata dalam pengembangan UMKM di Provinsi Gorontalo.

Sudah banyak UMKM binaan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo yang telah sukses, bahkan sudah sampai pada tahap ekspor.

“dengan diterbitkannya Buku UMKM Binaan Bank Indonesia ini, kami mengapresiasi Bank Indonesia Provinsi Gorontalo karena dengan adanya cerita-cerita sukses yang ada dalam buku ini dapat memberikan inspirasi dan pembelajaran kepada UMKM yang ada di Provinsi Gorontalo,” jelas Handoyo.

Selain itu, pembuatan buku tersebut juga dapat sebagai sarana promosi UMKM milik Provinsi Gorontalo, sehingga dapat lebih dikenal lagi khususnya untuk masyarakat di luar Provinsi Gorontalo.

Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kunjungan pariwisata ke Provinsi Gorontalo, karena keunikan-keunikan yang ada di Provinsi Gorontalo melalui UMKM ini dapat memicu keinginan untuk berkunjung ke Gorontalo.

“dalam kegiatan bedah buku ini, kita semua mengharapkan dapat menjadi ruang komunikasi dua arah bagi para peserta dan narasumber sehingga pesan-pesan dalam buku ini lebih jelas tersampaikan kepada masyarakat, serta memberikan juga masukan-masukan kepada Bank Indonesia ataupun pemerintah dalam pengembangan UMKM ke depannya,” harapnya.

Seperti diketahui, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo memiliki Perpustakaan yang berlokasi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, jalan By Pass Kelurahan Tamalate.

Perpustakaan KPwBI Provinsi Gorontalo memiliki koleksi lebih dari 4.000 buku, dan tahun ini berusaha mendapatkan akreditasi dari Perpustakaan Nasional.

“mulai Bulan Januari 2024, Perpustakaan KPwBI Provinsi Gorontalo telah dibuka untuk umum yang sebelumnya terbatas karena ada Covid-19, dan kami mengajak masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan KPw BI Provinsi Gorontalo. (awl/fadhila)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Tahapan dan jadwal kpu Kota
pps siakba
Iklan Pantarlih Kota
Cek Data Diri Pendukung
sosialisasi tahapan pilkada kpu bonebolango
Iklan KPU Provinsi
ads
dictionary Baca cable Terkait trending_up Trend format_indent_decrease Terkini dynamic_feed Lainnya