Advertisements

Ryan – Rivay Mulai Taaruf

Image

Reporter : RAGORO 

RGOL.ID (KOTA GORONTALO) – Politik memang tidak mengenal Momen, gerakan apa saja langsung dikaitkan dengan politik, urusan politik ini memang selalu menarik.

Lihat saja pada acara open house Idul Fitri kali ini orang orang memanfaatkannya untuk melakukan taaruf politik.

Apalagi di tahun politik ini, pembicaraan politik semakin seru saja, dan menariknya lagi setiap detik berubah. Memang saling dukung mendukung dalam Pilkada penuh dengan warna warni.

Sampai sekarang ini baru ada satu pasang Cawali yang sudah bisa dipastikan akan menjadi peserta Pilwako, mereka adalah Adhan Dambea dan Indra Gobel (AIR) yang akan maju lewat jalur independen, sementara dari kalangan partai masih belum nampak, memang di Golkar ada Ryan Kono, di PPP ada Rivay Bukusu di Nasdem ada dr. Budi Doku dan PDIP ada Alifuddin Jamal.

Diantara tokoh tokoh ini bisa saja berpasangan dan kalau partai mereka berkoalisi lebih dari cukup untuk bisa mencalonkan, misalnya Golkar PPP, dua partai ini punya 11 kursi, 6 Golkar 5PPP.

Memang sejumlah kader Golkar dan PPP menginginkan dua partai ini berkoalisi, maka jangan heran kalau pertemuan Rivay Bukusu dan Ryan Kono saat kunjungan lebaran di rumah pribadi Rusli Habibie langsung dikemas indah sebagai calon pasangan di Pilwako.

Sebelumnya Ryan Kono juga disanding- sandingkan dengan dr Budi, koalisi Golkar Nasdem ini juga melahirkan 10 kursi.

Selain itu ada juga keinginan untuk dari sejumlah kalangan untuk memadukan Gerindra dan PAN di Pilwako dengan menampilkan Adhan dari Gerindra dan Indra dari PAN dan koalisi partai pendukung Prabowo Gibran di Pilpres kemarin ini.

Sangat mudah diwujudkan, karena partai partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju ini sudah bersepakat akan membangun koalisi sampah ke Pilkada.

Nah kalau Golkar PPP Koalisi, kemudian Gerindra PAN kemudian PDIP Nasdem plus Demokrat maka bisa diprediksi akan terjadi 4 pasang Cawali, plus 1 Independen, H Ramli Anwar.

Sebenarnya bisa dia dari jalur Independen kalau Adhan maju dengan dukungan partai, apakah koalisi PPP PAN atau koalisi Gerindra PAN.

Sebab lebaran pertama Ketua DPW PPP Gorontalo Nelson Pomalingo sudah menyampaikan keinginan partainya mengambil Adhan untuk dijagokan pada Pilwako, dan ternyata langkah Nelson ini bukan hanya sampai di Pilwako saja, tetapi juga pada Pileg 2029 mendatang.

Sebab kalau Adhan kadi Walikota maka dia hanya bisa satu priode saja maka selanjutnya Adhan akan dipersiapkan untuk DPR RI dari PPP, sepertinya Nelson ingin membalas kekalahan PPP pada Pileg 2024 ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan