Advertisements
abd karim aljufrie

Gorontalo Tidak Pandai Merawat Putra Daerah

Image

Reporter : RAGORO

RGOL.ID (GORONTALO) – Gorontalo sudah tidak banyak memiliki tokoh bahkan bisa dibilang miskin tokoh. Mengapa begitu karena Gorontalo tidak memelihara dan merawat kader kadernya. Kita asyik merentangkan tali sandungan untuk menjungkalkan calon calon pemimpin daerah ini.

Boleh jadi inilah alasan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengabadikan para tokoh tokoh nasional asal Gorontalo maupun Kabupaten Gorontalo, seperti Bj. Habibie, JA Katili, HB Yasin dan lain lain. Jika anda masuk ke Taman Budaya Kabupaten Gorontalo, anda akan melihat foto dari para tokoh tersebut.

Di sebelah kanan terpatri nama nama tokoh nasional sedang sebelah kiri tokoh tokoh Kabupaten Gorontalalo seperti mantan mantan Bupati. Ketika berbincang bincang kemarin, Nelson Pomalingo mengatakan semua itu dilakukannya sebagai pengingat , dan motivasi bagi kader kader muda Gorontalo, bahwa Gorontalo memiliki seorang Wakil Presiden sekalugus Presiden Seperti Bj Habibie yang dijuluki sebagai Bapak Teknologi Indonesia.

Gorontalo juga punya JA. Katili seorang pakar Geologi , Gorontalo juga memiliki sastrawan besar seperti HB Yasin, dan Gorontalo juga punya Thayeb Muhammad Gobel seorang pelopor industri elektronik Indobesia. ” Para tokoh kita ini adalah orang Gorontalo, mereka bukan orang Sumtra, bukan orang Jawa, tetapi orang Gorontalo, ini kebanggaan kita ” kilah Nelson.

Tidak banyak tokoh nasional yang besar dari Gorontalo, semuanya besar di Jawa. BJ. Habibie, JA. Katili , Thayeb Gobel, HB. Yasin, dan lainnya meniti karir di Jawa.

Demikian pula dengan generasi berikutnya, misalnya Suharso Monoarfa, Zainudin Amali, Rachmad Gobel. Karir politik mereka tidak akan melejit kalau tetap dari Gorontalo.

Lihat saja Zainudin Amali, dia hanya satu priode jadi Aleg DPR RI mewakili Gorontalo setelah itu dia hijrah ke Jawa, setelah dua priode jadi Aleg DPR RI dari dapil Jawa Timur dia pun jadi Menteri.

lalu minta mundur dan kemudian jadi Komisaris Bank Mandiri. Demikian pula dengan Suharso, orang Gorontalo pertama yang menjadi Ketua Umum Partai, kemudian 2 kali jadi Menteri di era dua Presiden, juga hanya satu priode jadi Aleg DPR RI dari dapil Gorontalo lalu kemudian berkarir di tingkat Nasional.

Ada juga Fadel Muhammad, dia kali jadi Gubernur lalu jadi Menteri, kemudian Anggota DPR RI satu priode dan sekarang Wakil Ketua MPR RI.

Ingat Fadel memang sudah punya nama besar di tingkat nasional, sama halnya dengan Rachmad Gobel, tokoh yang satu ini memang sudah punya nama besar sebagai pengusaha nasional, dia juga pernah jadi Menteri dan sekarang Wakil Ketua DPR RI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

iklan kpu prov
Klik gambar untuk berita selengkapnya
ads pps siakba
Klik gambar untuk berita selengkapnya
iklan tahapan pilkada kpu bonebolango
Klik gambar untuk berita selengkapnya
Iklan KPU Provinsi
Klik gambar untuk berita selengkapnya
ads
dictionary Baca cable Terkait trending_up Trend format_indent_decrease Terkini dynamic_feed Lainnya