Advertisements

Inilah Karya Monomental Abdullah Tauhid Gobel

Image
Foto : Rumah Adat Gorontalo on Progres.

Reporter : RAGORO

RGOL.ID (GORONTALO) – Sayang sekali tokoh seperti Abdullah Gobel belum merasa terpanggil untuk memimpin Provinsi Gorontalo. Sebenarnya Abdullah Tauhid Gobel ini bukan tidak tertarik untuk mengabdi di tanah leluhur, tetapi hanya belum terpanggil saja. Salah satu boss Panasonic ini pernah bilang kalau hatinya tergerak untuk menjadi Gubernur maka dia akan maju di Pilgub, tidak perlu di dorong dorong.

Tokoh adat yang satu ini, memang punya kemampuan untuk memenangkan Pilgub kalau hatinya tergerak karena dia punya kemampuan untuk itu. Tetapi yang pasti Abdullah Sudah membangun sebuah gedung yang monomental dan ini menjadi icon Provinsi Gorontalo yang masuk dalam 19 daerah adat di Indonesia. Selain membentuk Dewan Adat, Abdullah Gobel juga membangun Rumah Adat Gorontalo dengan arsitektur yang memadukan unsur tradisional dan modern.

Sebuah bangunan dengan tampilan unik dan menarik. Bangunan yang berada di perempatan jalan JA. Katili (dulu Andalas) Gorontalo itu, sudah hampir selesai, boleh jadi inilah rumah adat paling menarik di Indonesia dan yang dibangun dengan dana pribadi.

Di Gorontalo inilah Gedung yang menunjukan wajah Gorontalo, Abdullah Gobel memang punya selera seni yang tinggi. Apakah semua ini ada hubungannya dengan politik, tidak. Pria berwajah teduh dan jernih ini tidak punya pamrih politik.

Kalau dia mau jadi Gubernur sudah lama dia lakukan, bahkan abangnya berkali kali mendorongnya untuk maju di Pilkada, mungkin karena sang adik tidak tertarik, maka terpaksa Rachmad Gobel yang terjun kedunia politik.

Bangunan ini memang tampil dengan penuh filosofi, lihat saja bentuk gedung tersebut menampilkan Mahkota (tudung makuta) raksasa.

Rumah Adat Gorontalo ini memiliki aula rapat untuk para pemangku adat di lantai 2 , yang dilengkapi dengan fasilitas lift sehinga para pemangku ada yang sudah tua bisa dengan mudah naik ke lantai 2, juga ada tangga akses menuju rooftop ke lantai 3.

Insya Allah bangunan ini akan segera selesai dalam waktu dekat. Sehingga para pemangku adat punya rumah adat yang bergengsi. Semoga ATG tergerak hatinya untuk maju di Pilgub.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan