Advertisements
Hari Ini

    Kopino Nama Maskot Pilkada Bone Bolango

    Image
    Foto : KOPINO menjadi nama pilihan Bone Bolango.

    Reporter : Hadi 

    RGOL.ID (BONE BOLANGO) – Nama ini adalah akronim dari Kopi Pinogu, yaitu Kopi khas Bone Bolango yang ditanam secara organik di dataran tinggi Kecamatan Pinogu sebagai salah satu produk unggulan Kabupaten Bone Bolango.

    Dalam konteks Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango KOPINO memiliki kepanjangan Kontestasi Pilkada Bone Bolango yang bermakna sebagai upaya yang sah untuk mendapatkan legitimasi dari rakyat untuk menjadi pemimpin Bone Bolango melalui pemilihan secara langsung.

    Komponen-Kompenen Maskot:

    Upiya Karanji/Upiya Ilalamo: songkok terbuat dari anyaman rotan merupakan songkok khas Gorontalo yang digunakan oleh masyarakat umum hingga pejabat daerah baik dalam hajatan biasa maupun kegiatan adat. Songkok melambangkan kharisma kepemimpinan.

    Kopi: Keseluruhan wajah maskot adalah Kopi yang melambangkan produk lokal yang memiliki potensi pasar yang besar untuk menghasilkan PAD.

    Takowa: Pakain yang dikenakan dalam kegiatan-kegiatan resmi daerah dan kegiatan adat yang melambangkan kebesaran dan keagungan. Takowa dilengkapi dengan sarung yang dililitkan di perut.

    Logo KPU: Lambang Lembaga Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan.

    KPU Bone Bolango: Lembaga Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan di tingkat kabupaten. Tulisan KPU Bone Bolango dibuat dalam sulaman khas Gorontalo yaitu KARAWO sebagai salah satu produk lokal yang memiliki potensi pasar yang besar untuk menghasilkan PAD.

    Paku: Sebagai alat coblos dalam pilkada.

    Surat Suara: Melambangkan aspirasi pemilih/rakyat yang disalurkan melalui pemungutan suara di TPS.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Tinggalkan Balasan