• Home
  • Kab. Gorontalo
  • KPU Kabupaten Gorontalo Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024 Kepada Kalangan Pemilih Pemula

KPU Kabupaten Gorontalo Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024 Kepada Kalangan Pemilih Pemula

Image

Reporter : Jazzday

GORONTALO (RAGORO)—Pemilih pemula yang baru pertama kali menentukan sikap politiknya di Pemilu menjadi salah satu target KPU Kabupaten Gorontalo untuk dijelaskan tentang pentingnya arti memilih di Pemilu legislatif maupun pemilihan kepala daerah.

Pemilih pemula menjadi salah satu target utama KPU mengigat pemilih pemula yang baru berusia 17 tahun jumlahnya cukup besar,

Untuk sosialisasi tentang tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo, KPU Kabupaten Gorontalo melaksanakan sosialisasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo Kamis (13/6/2024) kemarin.

Plh. Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Windarto Bahua pada saat itu menjelaskan peran pemuda dalam menentukan arah demokrasi bangsa.

“ Pemuda khususnya dari generasi X dan Z diharapkan dapat aktif terlibat dalam proses demokrasi, baik sebagai penyelenggara maupun pengawas, guna memastikan kualitas pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Gorontalo,” tukas Windarto Bahua.

Windarto juga menegaskan pentingnya menghindari praktek-praktek yang merusak demokrasi. Seperti halnya money politik dan intimidasi, untuk menjaga integritas kontestasi politik di daerah tersebut.

Sosialisasi ini juga menggarisbawahi bahwa pemuda tidak hanya boleh menjadi alat politik, tetapi harus menjadi agen perubahan yang aktif dalam kesuksesan pelaksanaan Pilkada mendatang.

Windarto Bahua juga menjealskan terkait tahapan-tahapan Pilkada 2024, mulai dari pemutakhiran data pemilih hingga hari pemungutan suara pada 27 November 2024 mendatang.

Menariknya sosialisasi tahapan pilkada ini mendapat respon positif dari kalangan pelajar khususnya kalangan pemili pemula.

Ini terlihat saat sesi tanya jawab. “ Kami sangat senang para siswa MAN 2 Kabupaten Gorontalo dalam sesi tanya jawab banyak yang bertanya. Ini bertanda mereka sanga tertarik dan menaruh perhatian yang tinggit Perhadap pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak,” tukas Bahua.

Peserta yang hadir, selain para siswa yang sudah cukup umur memilih, juga menghadirkan undangan dari Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo, Siswa siswi Kelas 11 Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo, dan SMA Muhamamdiyah Batudaa.****

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan