• Home
  • Hukum
  • Mengejutkan! 11 Caleg Deprov asal Boalemo-Pohuwato akan Dipilih Ulang

Mengejutkan! 11 Caleg Deprov asal Boalemo-Pohuwato akan Dipilih Ulang

Image

Reporter : RAGORO

RGOL.ID (GORONTALO) – 11 (sebelas) Calon Anggota Legislatif (Caleg) terpilih, hasil Pemilu 14 Februari 2024 untuk keanggotaan DPRD Provinsi (Deprov) Gorontalo periode 2024-2029 dari daerah pemilihan (dapil) VI Kabupaten Boalemo dan Pohuwato, belum dipastikan melenggang ke Parlemen Botu.

Hal ini menyusul hasil gugatan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang dimenangkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) terkait tidak terakomodirnya keterwakilan 30 persen perempuan di bursa caleg dari sejumlah partai politik (parpol) di dapil VI tersebut.

Dimana, dari sejumlah informasi yang berhasil dihimpun, dalam amar putusan MK yang dibacakan langsung oleh Ketua-nya, Suhartoyo, memintakan kepada KPU agar melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dapil paling barat dari provinsi Gorontalo itu.

“Mengabulkan permohonan Pemohon (PKS) untuk sebagian. Menyatakan hasil perolehan suara partai politik dan calon anggota DPRD Provinsi Gorontalo sepanjang Dapil Gorontalo 6 harus dilakukan Pemungutan Suara Ulang,” kata Suhartoyo, saat membacakan amar putusan perkara Nomor 125-01-08-29/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024, dalam sidang PHPU Pileg di gedung MK Jakarta, Kamis (6/6).

“Membatalkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum bertanggal 20 Maret 2024, sepanjang menyangkut perolehan suara untuk Calon Anggota DPRD Provinsi Gorontalo Dapil Gorontalo 6,” sambungnya lagi.

KOORDINASI KPU ///
Komisioner KPU Provinsi Gorontalo bidang Teknis Pemilu, Hendrik Imran, saat dikonfirmasi Kamis (6/6) malam, tidak membantah telah adanya putusan MK terkait gugatan PKS di dapil VI Boalemo-Pohuwato.
Ditanya akan tindaklanjutnya, berupa tahapan PSU di dapil VI tersebut, Hendrik mengaku belum bisa memastikan kapan hari dan tanggalnya.

“Masih dikoordinasikan dengan KPU RI terkait jadwal dan tahapan pelaksanaannya,” terang mantan Ketua Bidang Pendidikan di HPMIG Yogyakarta itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan Balasan