oleh

3 Poin Terpenting BPS-BRIN Datang di Provinsi Gorontalo

GORONTALO RGOL.ID– Tiga point terpenting dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digagas oleh BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) bersama Pemerintah Provinsi, serta instansi terkait bersama Media Pers dalam forum sebut, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo, Rabu (25/5/2022). Pertama terkait dengan, apa saja praktik baik ekonomi hijau di level rumah tangga, komunitas, pelaku usaha dan pemerintah di Provinsi Gorontalo yang dapat menjadi contoh baik (best practices) untuk diangkat/dipelajari di tingkat nasional?.

“Kedua, Siapa saja aktor-aktor/organsasi yang terlibat dalam praktik ekonomi hijau di Provinsi Gorontalo?. Ketiga, apa saja aspek-aspek yang mendukung dan menghambat praktik ekonomi hijau di wilayah provinsi Gorontalo, “kata Moderator Helman Manay, S.Pd., M.Hum salah satu tim BRIN, dalam forum tersebut.

Forum dengan tema, Pemetaan Praktik Baik Pembangunan Ekonomi Hijau di Provinsi Gorontalo pun mendapat sambutan baik oleh OPD dan instansi terkait yang hadir dalam forum tersebut. Bahkan, dalam hasil akhir forum akan disimpulkan akhir dari kajian kualitatif yang nantinya akan dilaksanakan oleh tim BRIN di Gorontalo.

“Dari hasil FGD ini kita bisa melihat, ternyata potensi terbesar di Gorontalo adalah pertanian. Dan Itu yang menjadi pintu masuk dalam melihat aktifitas masyarakat, “tambah Yanu Endar Presetyo, salah satu Tim BRIN dalam forum tersebut.

Bahkan kata Yanu, selain kegiatan FGD ini, tim peneliti juga akan melakukan kunjungan lapangan, observasi, dan wawancara langsung terhadap para pelaku ekonomi hijau di wilayah Provinsi Gorontalo.

“Selama kurang lebih dua puluh tujuh hari kami dalam kajian ini, dan nantinya akan membuat laporan riset dari seluruh wilayah Indonesia akan dirangkum dan dipresentasikan didalam forum G-20, serta akan digunakan sebagai masukan untuk mendukung berbagai kebijakan ekonomi hijau di masa mendatang, “tutur Yanu Endar Presetyo.(lev).


Jangan Lewatkan

Komentar